Skip to main content
Info

Ujian Masuk Fakultas Kedokteran Online?

By August 21, 2021August 31st, 2021No Comments

Tidak terkejut jika melihat perkembangan era digital, mungkin Anda sudah tidak asing dengan kata DARING. Aktivitas kita saat ini lebih sering dilakukan secara daring mulai dari berbelanja, bekerja termasuk juga sistem belajar di Indonesia.  Menurut KBBI Kemendikbud, Daring adalah akronim dari dalam jaringan. Artinya terhubung melalui jejaring komputer, internet, dan sebagainya. 

Sistem belajar daring ini dirincikan mulai dari kelas online, seminar online hingga proses KKN dan Ospek yang dilakukan secara online dan viral akhir-akhir ini. Jika demikian, maka sebelum menempuh proses tersebut tentu Anda tahu bahwa Anda akan melakukan persiapan dan riset untuk masuk ke fakultas kedokteran yang pada tahap seleksinya juga diperketat dengan taraf online juga.

Lalu, apa saja prosedur untuk masuk program kedokteran secara online?

Setiap jurusan dan Universitas memiliki syarat dan ketentuan yang berbeda-beda dengan jadwal yang berbeda pula. Ada yang melalui Jalur Ujian Mandiri tidak menggunakan nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) sebagai dasar penerimaan kemudian Ada pula yang mengkombinasikan nilai ujian online dengan portofolio dari calon mahasiswa, jika kamu masih bingung, coba kamu bisa tanyakan coach / mentor di bimbel kedokteran yang kamu ikuti, biasanya mereka akan menjelaskan dan membimbing kamu secara detail dan rapih. 

Umumnya Materi ujian online terdiri dari tes potensi skolastik (TPS) dan tes potensi akademik (TPA). Ujian ini dilakukan melalui portal yang dimiliki setiap Universitas dengan pengawasan secara ketat melalui Zoom. Perlu diingat bahwa nilai portofolio yang dimaksud adalah nilai prestasi siswa selama belajar di sekolah (SMA, SMK dan sederajat), dari semester 1 sampai dengan 6; ditambah dengan pengetahuan umum mengenai wawasan kebangsaan. Jika Anda sudah selesai mengikuti tahap ujian, Anda hanya perlu menunggu pengumuman untuk hasil test akhir yang akan diolah oleh panitia Universitas.

Itulah proses seleksi online Fakultas kedokteran pada umumnya. Untuk itu, amati dan terus cari informasi perkembangan terbaru agar Anda lolos seleksi di Universitas yang Anda inginkan, jangan mudah patah semangat ya! Pastikan Anda sudah melakukan yang terbaik untuk diri Anda sendiri.

Leave a Reply