Skip to main content
Uncategorized

Tips Mengerjakan Soal – Soal Figural

By April 21, 2021No Comments

Tips Mengerjakan Soal – Soal Figural

Tes figural merupakan cabang dari tes potensi akademik atau tes intelegensi umum dimana salah satu tujuannya adalah untuk bisa menebak ketelitian, kecermatan, dan kecepatan berfikir peserta tes dalam waktu yang singkat. Tes ini sangat erat kaitannya dengan kualitas SDM Aparatur Sipil Negara yang diperlukan dalam persiapan menyambut era ASN digital milenial.

Tes Figural sebenarnya adalah tes yang sangat mudah, hanya saja karena waktu terbatas – sebagian orang menganggap tes ini sebagai suatu hal yang sulit. Tes figural akan sangat berkaitan erat dengan gambar.

 

Cara Menyelesaikan Tes Figural

Penyelesaian terbaik untuk menyelesaikan tes figural adalah berpikir tenang, pandangan fokus dan teliti. Tes ini terdiri dari berbagai macam pola tes gambar – semua rahasia penyelesaiannya adalah “ketenangan dan ketelitian”.

 

Tes Figural Klasifikasi Gambar

Dalam tes ini, peserta tes akan diminta untuk menemukan sebuah gambar yang tidak mengikuti pola gambar. Rumus untuk penyelesaian soal klasifikasi gambar adalah “fokus, teliti, tepat”.

Contoh Soal :

Manakah Gambar yang tidak sama

Tips Mengerjakan Soal - Soal FiguralPenyelesaian:

  • Ingat rumus “pilih gambar yang berbeda pola, maka itu jawaban yang benar”.
  • Lihat pola A,C,D dan E adalah pola bilangan ganjil- sedangkan yang B adalah pola bilangan Maka jawabannya adalah B

 

Tes Figural Pencerminan

 

Tes ini disebut juga tes cermin gambar atau tes mirror. Pada tes ini tiap peserta tes bertugas untuk mencari bayangan dari gambar soal. Untuk bisa menyelesaikan soal ini, anggaplah kita sedang berada di depan cermin. Tujuan tes ini adalah untuk mengukur kecerdasan, ketelian penglihatan dan solving problem.

Tidak hanya melakukan tips diatas, nah kamu juga harus banyak berlatih dan belajar agar mendapatkan nilai yang optimal. Untuk itu kamu juga harus mempunyai guru pendamping atau bimbel agar waktu belajar mu teratur.

Leave a Reply