Skip to main content
Uncategorized

Tips Mengerjakan Soal – Soal CPNS

By April 21, 2021No Comments

Tips Mengerjakan Soal – Soal CPNS

 

tips mengerjakan soal soal cpns

Abdi negara ternyata masih menjadi pekerjaan favorit banyak orang. Buktinya, setiap ada pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), orang beramai-ramai mendaftar meski peluang lolos tes CPNS seringkali tak besar. Bayangkan saja, dari ribuan orang yang mendaftar, terkadang tak sampai lima orang yang diterima. Persaingannya sangat ketat, Pintarian.

TRIK MENJAWAB SOAL TKP
Untuk pengerjaannya, karena berpacu dengan waktu, kita harus benar-benar memilah mana soal yang bisa dikerjakan dengan waktu yang lebih cepat dan tidak membutuhkan pemikiran yang lama saat menjawabnya. Maka kerjakanlah soal Tes Karakter Pribadi (TKP) lebih dulu, karena bentuk soal dari TKP hanya seputar kepribadian yang tidak perlu rumus ataupun hafalan, jadi TKP adalah soal termudah dan soal yang jawabannya bisa paling panjang

Ingat:
Soal nomor 1 sampai 35 adalah soal TWK
soal nomor 36 sampai 65 adalah soal TIU, dan
Soal nomor 66 sampai 100 adalah soal TKP

TRIK MENJAWAB SOAL TWK

Setelah soal TKP dilalui, maka langsung dilompat ke soal nomor 1 alias soal TWK. Disoal TWK ini kalian pasti menemukan soal dengan kriteria jawabannya “tidak tahu” dan jawaban “ragu-ragu”. Baca dengan cepat. Kalau tidak tahu lompati saja, kosongkan.

TRIK MENJAWAB SOAL TIU

Pengerjaan soal TIU menjadi yang terakhir karena nanti setiap soalnya bisa panjang kali lebar kalimatnya, dan menuntut banyak pemikiran untuk menjawabnya. Sekali lagi, lompati saja soal yang membutuhkan waktu lama untuk penyelesaiannya. Dan setelah semua soal yang mudah sudah dikerjakan, sehingga tersisa yang susah-susah saja, kembalilah ke soal TKP dan TWK yang kalian tinggalkan tadi.

Menjelang Tes

Persiapkan diri dengan baik mulai H-1 hari tes. Pakai kemeja putih polos (dan jilbab hitam polos jika memakai kerudung), bawahan hitam polos, dan sepatu pantofel hitam. Bawa KTP dan dokumen lain yang dibutuhkan. Jangan lupa survei lokasi tes terlebih dulu agar kamu tidak tersasar dan tahu harus naik kendaraan apa ke sana. Sehari sebelum tes, kamu tidak perlu begadang dan belajar serius lagi, ya, supaya besok kamu bisa mengerjakan soal dengan tenang dan nyaman.

Di hari H, jangan lupa sarapan agar kamu bisa lebih berkonsentrasi mengerjakan soal. Pastikan kamu datang sebelum waktu tes yang sudah ditentukan. Jangan sampai telat, karena akan membuatmu panik dan kekurangan waktu mengerjakan soal. Mulailah mengerjakan soal dengan berdoa. Semoga kamu lulus tes CPNS dan diterima di posisi yang kamu inginkan, ya!

Leave a Reply