Skip to main content
Info

Tips Lancar Membaca Untuk Anak

By April 23, 2021No Comments

Tips Lancar Membaca Untuk Anak

Tips Lancar Membaca

Tips Lancar Membaca Untuk Anak Umumnya saat menginjak usia 3 tahun. Usia tersebut merupakan periode emas, di mana otak anak sedang berkembang pesat sehingga mudah menyerap segala hal yang sedang dipelajari. Biasanya, saat berusia 3 tahun anak sudah memiliki ketertarikan terhadap gambar atau simbol yang dilihatnya. Nah, bagaimana ya cara meningkatkan kemampuan membaca Si Kecil? Berikut ini cara yang bisa dilakukan.

 


Rutin membacakan cerita

Studi menunjukkan, rutin membacakan cerita kepada anak dengan suara keras efeknya signifikan terhadap kemampuan anak membaca. Dengan cara itu, Si Kecil akan lebih cepat memahami bacaan, menambah kosakata dan mengurai kata dan kalimat. Selain itu, perlahan anak akan terdorong untuk membaca sendiri.

Kelilingi anak dengan buku bacaan

Penting bagi Moms untuk memastikan buku menjadi hal yang mudah diakses di rumah, agar anak selalu tertarik untuk membaca.
Tempatkan buku di tempat yang mudah diraih, seperti di kamar tidur, ruang keluarga dan ruang bermain anak.

Sediakan waktu membaca bersama keluarga

Cukup 15 hingga 30 menit, untuk anak membaca bersama keluarga. Dengan melihat orangtua membaca, anak akan tetarik untuk turut membaca buku. Jangan lupa luangkan waktu 15 menit untuk melatih anak mengeja suatu bacaan, hal ini akan melancarkan kemampuannya membaca.

Dorong anak gemar membaca dengan cara tak biasa

Cara tak biasa yaitu dengan membaca buku menu di restoran, tanda di pinggir jalan, petunjuk permainan dan informasi sehari-hari yang sering ditemui anak. Selain itu, pastikan anak memiliki sesuatu untuk dibaca di waktu luang.

Ajak anak pergi ke perpustakaan

Seiring anak kian bertumbuh besar, Moms mulai bisa mengajaknya ke perpustakaan terdekat. Selain menambah minatnya membaca, biasanya ada perpustakaan yang meyediakan progam membaca untuk anak-anak di semua kalangan usia.

Gunakan sarana kreatif agar anak rajin membaca

Jika menggunakan buku mungkin anak akan mudah bosan, Moms bisa menambahkan alat yang kreatif untuk anak gemar membaca seperti kartu warna wani, permainan atau material lain yang menarik.

Nah, enggak sulit kanĀ  untuk mendorong anak semangat membaca.
Jangan lupa tunjukkan semangat membaca karena jika orangtua antusias, maka anak akan melakukan hal yang serupa.

 

source; nakita.grid.id

Leave a Reply