Skip to main content
bimbingan belajar Terbaik

Bimbingan Belajar Terbaik

Bimbingan Belajar Terbaik Terbaik SD SMP SMA Garansi. Belajar bersama guru terbaik UI UGM ITB. Modul lengkap metode belajar asyik.

 

bimbingan belajar Terbaik

Seberapa Pentingnya Ikut Bimbingan Belajar untuk Persiapan Masuk Perguruan Tinggi?

Ada banyak upaya yang dapat dilakukan agar lolos SBMPTN, salah satunya dengan ikut bimbingan belajar terbaik. Persiapan masuk ke universitas impian tidak bisa dianggap remeh. Apalagi jika mengingat ketatnya persaingan tiap tahun. Calon mahasiswa dengan persiapan lebih matang punya peluang lebih besar untuk lolos seleksi dibanding calon mahasiswa tanpa persiapan. Sebab itulah, kamu harus siap bersaing untuk mewujudkan impianmu.

Cara Agar Lulus SBMPTN

Persiapan tes SBMPTN tidak hanya butuh waktu sehari dua hari, apalagi dengan sistem kebut semalam. Untuk bisa lolos tes SBMPTN butuh persiapan sejak jauh-jauh hari. Supaya peluang lolos makin besar, kamu bisa menerapkan cara-cara berikut ini.

  1. Belajar dengan sungguh-sungguh

Kunci utama mengerjakan tes SBMPTN adalah memahami materi yang diujikan. Karena itulah kamu perlu belajar dengan sungguh-sungguh. Terlebih lagi jika universitas yang diincar adalah PTN favorit. Maka persaingannya pun akan lebih sengit. Kebiasaan belajar haruslah ditanamkan sedini mungkin. Dengan begitu, kamu tidak akan kewalahan dalam memahami materi kelas 10 hingga kelas 12.

  1. Mengatur jadwal belajar

Terlalu memforsir diri dalam belajar pun sebenarnya tidaklah baik. Untuk itulah dibutuhkan pengaturan jadwal belajar. Jadwal belajar dapat diatur sesuai dengan jam prime time di mana kondisi mood biasanya sedang dalam kondisi terbaik. Tiap individu memiliki jam prime time masing-masing, ada yang lebih maksimal belajar saat pagi hari, malam hari, ataupun siang hari.

  1. Ikut bimbel SBMPTN

Bagi sebagian orang yang kesulitan belajar secara mandiri, ikut bimbel intensif SBMPTN bisa jadi langkah bijak. Biasanya bimbel memiliki materi terupdate untuk persiapan tes SBMPTN. Selain itu, metode pembelajaran yang digunakan lebih bervariatif. Sehingga kamu bisa lebih mudah dalam memahami materi. Menariknya lagi, kamu bisa bertanya kepada tutor jika ada materi yang belum dipahami. Saat ini ada banyak bimbel SBMPTN yang dapat dipilih sesuai kebutuhan.

  1. Pilih jurusan yang sesuai minat dan bakat

Setelah membangun kebiasaan belajar sesuai jadwal, tahap berikutnya adalah memilih jurusan. Dibanding memilih jurusan yang sepi peminat, akan lebih bijak jika kamu memilih jurusan yang sesuai minat dan bakat.

Setidaknya ada dua jurusan atau program studi yang dapat dipilih oleh calon mahasiswa. Pemilihan program studi ini ternyata juga menentukan lulus tidaknya kamu dalam SBMPTN. Agar tidak salah pilih, kamu bisa mencari tahu perkiraan skor UTBK yang dibutuhkan untuk masuk jurusan yang kamu minati.

Selain itu, penting untuk mencari tahu sebaran peminat pada program studi yang diambil. Semakin besar persentase peminat, maka semakin ketat pula persaingannya. Begitu pun sebaliknya. Nah, melalui cara ini, kamu bisa mengambil langkah tepat dalam menentukan prodi 1 dan 2. Yakni dengan menempatkan prodi yang memiliki skor kelulusan tinggi sebagai pilihan pertama dan prodi dengan skor kelulusan relatif rendah untuk pilihan kedua.

  1. Cari informasi sebanyak-banyaknya terkait SBMPTN

Cara kelima adalah mencari informasi sebanyak-banyaknya terkait SBMPTN. Sebelum ujian kamu harus tahu perbedaan apa saja antara SBMPTN tahun ini dengan tahun-tahun sebelumnya. Cari tahu juga aturan apa saja yang berlaku. Selain SBMPTN cari tahu pula tentang UTBK, LTMPT, sistem penilaian, hingga dokumen apa saja yang dibutuhkan.

  1. Latihan soal-soal SBMPTN

Supaya peluang lolos semakin besar, kamu bisa latihan soal-soal SBMPTN dari tahun-tahun sebelumnya. Soal-soal ini memiliki pola yang tidak jauh berbeda  dari tahun ke tahun. Cobalah untuk mempelajari soal dari level termudah hingga yang paling sulit.

Bagi kamu yang merasa kesulitan belajar secara individu, kamu juga bisa mencoba membuat grup belajar bersama teman bimbel masuk kedokteran ataupun bimbel lain yang kamu ikuti.

  1. Sering mengikuti try out SBMPTN

Meskipun kamu sudah ikut bimbel SBMPTN terbaik, kamu perlu mengikuti try out SBMPTN sesering mungkin. Melalui try out semacam ini kamu bisa mengukur seberapa jauh kesiapanmu dalam mengikuti tes SBMPTN. Selain itu, melalui try out kamu bisa menentukan tingkat kelolosan dalam seleksi masuk perguruan tinggi.

Bagaimana Cara Belajar SBMPTN yang Efektif?

Ikut bimbingan belajar terbaik saja tidaklah cukup untuk mempersiapkan diri dalam tes SBMPTN. Mengingat banyaknya materi yang harus dikuasai, kamu butuh cara belajar yang efektif untuk memahami tiap-tiap materi. Lalu, apa saja yang bisa dilakukan supaya belajar efektif? Yuk simak ulasannya.

  1. Buat agenda dan target belajar

Jika sebelumnya kamu harus membuat jadwal belajar, buatlah target capaian materi yang harus kamu kuasai. Mengingat banyaknya pesaing untuk masuk ke universitas favorit, maka kamu pun butuh perjuangan yang lebih.

Sebab itulah, ketika kamu sudah membuat agenda dan target, usahakan untuk memenuhi target tersebut. Selain itu, menentukan target belajar juga akan membuatmu lebih fokus.

  1. Tandai materi yang penting

Ada banyak cara yang dapat kamu lakukan untuk mengingat materi yang sudah dipelajari. Salah satunya dengan menandai materi yang penting. Cara ini terbilang lebih efektif daripada sekedar membacanya saja. Disamping itu, memberi tanda pada bagian penting dianggap lebih efisien untuk memori seseorang menyimpan informasi.

  1. Jauhkan ponsel 

Bagi kamu yang ikut bimbel offline, usahakan untuk menjauhkan ponsel dari jangkauan selama belajar. Hal ini bertujuan agar kamu lebih fokus. Namun, mengingat bimbel online kian populer belakangan ini, menjauhkan ponsel dari jangkauan terasa mustahil. Sebagai gantinya, kamu harus memiliki pengendalian diri dengan baik. Jika saatnya belajar, maka gunakan ponsel untuk keperluan belajar saja. Jangan melanggar dengan menggunakannya untuk keperluan lain.

  1. Lakukan evaluasi dan berlatih mengerjakan soal 

Terakhir, lakukan evaluasi terhadap materi yang sudah kamu pelajari. Evaluasi dilakukan untuk mengetahui sejauh mana kamu paham terhadap materi tersebut. Apabila hasil evaluasi belum maksimal, teruslah berlatih dengan mengerjakan soal-soal latihan SBMPTN.

Supaya lebih maksimal lagi, kamu perlu menggunakan cara mudah mengingat pelajaran dengan mengenali kebiasaan diri sendiri. Bagi kamu yang lebih nyaman belajar dengan kondisi tenang, maka pilihlah tempat yang dapat membuatmu lebih berkonsentrasi. Sementara untukmu yang lebih fokus jika belajar sembari mendengarkan musik, kamu bisa menerapkan cara tersebut. Penting pula untuk menerapkan cara belajar sbmptn saintek maupun soshum sebagaimana mestinya.

Tips Memilih Bimbel Terbaik untuk SBMPTN

Bila kamu sedang mencari bimbel terbaik di Jogja, bimbel terbaik di Medan, maupun kota besar lainnya, berikut tips yang bisa kamu terapkan.

  1. Pilih yang dekat dengan rumah atau sekolah

Supaya tenaga dan waktumu tidak habis di perjalanan, pilihlah bimbel terbaik yang dekat dari rumah maupun sekolahan.

  1. Pilih bimbel yang terpercaya

Selain faktor lokasi, pertimbangkan pula kredibilitas bimbingan belajar tersebut. Sebisa mungkin pilihlah bimbel yang terpercaya dan terbukti berkualitas agar kamu bisa lolos SBMPTN.

  1. Pertimbangkan soal biaya

Biaya les privat matematika dan bimbel khusus SBMPTN pastinya berbeda. Maka dari itu, lakukan perbandingan harga bimbel untuk memperoleh bimbel yang berkualitas dengan harga masuk akal.

Pada dasarnya penting tidaknya bimbingan belajar terbaik untuk lolos SBMPTN bisa dilihat lagi dari manfaat apa saja yang bisa didapatkan.

Panggil Guru Sekarang

Leave a Reply

Berikan hadiah terbaik untuk masa depan Ananda yang istimewa Tanya Kami!