Skip to main content
Uncategorized

Kapan Anak Masuk TK ? Sudah Cukupkah Umurnya ?

By April 23, 2021No Comments

Kapan Anak Masuk TK ? Sudah Cukupkah Umurnya ?

Kapan Anak Masuk TK ? Sudah Cukupkah Umurnya ? Ketika ingin mempersiapkan anak untuk duduk di sekolah Taman Kanak-kanak (TK), perlu mengetahui apakah si Kecil sudah memiliki umur yang tepat apa belum.

Ketahuilah usia yang tepat untuk memasuki anak pada pendidikan TK, mengapa saat anak akan bersekolah dibutuhkan usia yang tepat sebab usia yang tepat memengaruhi kesiapan anak dan menentukan pola pikir si Kecil.

Orang tua tidak boleh asal dalam memberi pendidikan kepada si Kecil ya, sebagian orangtua pasti ingin si Kecil cepat belajar huruf dan membaca.

Orang tua perlu mengetahui bila si Kecil tidak memiliki usia yang tepat dan kesiapan dalam dirinya hal itu akan mempengaruhi kondisinya nanti saat ia sekolah.                                      

Berikut rangkum mengenai pentingnya mengetahui usia si Kecil yang tepat untuk memasuki dunia pendidikan di TK.

Kapan Anak Masuk TK1. Kapan anak masuk TK di usia yang tepat

Saat memiliki anak pasti Orang tua senang melihat proses tumbuh kembangnya, semakin si Kecil banyak berbicara dan banyak mengalami perubahan pasti membuat Orang tua bahagia.

Semakin si Kecil tumbuh besar pasti akan membuat Orang tua ingin cepat-cepat memasukan anak ke dalam pendidikan TK.

Ketika Orang tua sedang memikirkan untuk memasuki anak ke pendidikan jenjang TK Orang tua harus memerhatikan usia si Kecil terlebih dahulu. Di dalam peraturan pemerintah usia anak untuk masuk TK adalah 4-6 tahun.

Jika ingin menyekolahkan si Kecil lebih baik saat ia berusia 4-6 tahun karena diusia ini si Kecil sudah memiliki motorik yang stabil dan si Kecil juga sudah bisa untuk mempelajari hal-hal baru disekelilingnya.

2. Pengaruh usia anak saat masuk TK

Mendaftarkan si Kecil untuk masuk TK bukan perkara yang mudah, Orang tua harus memahami si Kecil apakah menurut Orang tua, si Kecil sudah mampu berada di satu tempat yang berbeda oleh Orang tua.

Minimal usia anak masuk TK yaitu umur 4 tahun jika kurang dari itu Orang tua maupun guru di seklolah akan kesulitan mengontrol perilakunya.

Emosi yang belum stabil dan saat anak masih berusia dibawah 4 tahun anak masih sangat melekat pada orang terdekatnya baik Bunda, Ayah, atau Kakek dan Nenek. Hal itu akan membuatnya merasa tidak nyaman bila di dalam satu ruangan namun ia terpisah dari orang terdekatnnya.

Ketika di usia itu si Kecil juga masih belum mampu bersosialisasi dengan sekelilingnya tentu hal tersebut akan membuatnya tidak nyaman dan membuatnya rewel.      

3. Mempersiapkan anak masuk pendidikan TK

Saat si Kecil ingin masuk sekolah TK terlebih dahulu Orang tua harus mengajarkan anak mengenai pendidikan sekolah agar nantinya ia akan terbiasa pada kegiatan yang ada di TK.

Orang tua bisa memulai untuk memberi informasi kepada si Kecil bahwa nanti ia akan belajar mengenai banyak hal seperti membaca, bernyanyi, dan bertemu dengan anak-anak lainnya.

Orang tua bisa menerapkan kegiatan belajar seperti yang akan dipelajarinya saat masuk TK, gunakan buku bergambar untuk menanyakan isi gambar tersebut, Orang tua juga bisa mengajak si Kecil untuk melihat suasana TK.

Hal tersebut dilakukan guna membantu anak untuk melakukan penyesuaian sedikit demi sedikit, dengan mengajarkan dan menerapkan waktu belajar di rumah sebelum si Kecil TK akan membuatnya terbiasa belajar.

4. Membangun sikap mandiri pada anak

Orang tua harus mengajarkan sikap mandiri kepada si Kecil, mungkin Orang tua berpikir bahwa si Kecil belum siap bersekolah karena terbiasa bersama Orang tua dan ketika tidak ada Orang tua si Kecil akan menjadi rewel dan gelisah.

Orang tua tentunya tidak ingin si Kecil kesulitan ketika di sekolah kan, maka dari itu sebaiknya Orang tua mengajarkan hal-hal yang bisa melatihnya menumbuhkan sikap kemandiriannya.

Hal yang bisa Orang tua lakukan untuk melati sikap mandiri si Kecil yaitu, ketika di rumah Orang tua ajarkan ia untuk mandi sendiri, buang air sendiri, dan makan sendiri.

Cara tersebut bisa membantunya terbiasa untuk melakukan kegiatannya sendiri tanpa apa-apa membutuhkan bantuan Orang tua.

Bukan Orang tua membiarkan anak kesulitan, namun si Kecil harus terbiasa sejak dini agar saat di sekolah ia berani melakukan kegiatan dan kebutuhannya.

5. Apakah si Kecil sudah bisa menyimak?

Si Kecil akan mulai bersekolah tahun depan lebih baik Orang tua mengasah daya pikir anak, sebab saat ia bersekolah nanti si Kecil akan mendapatkan berbagai macam pelajaran yang harus diserap agar ia menjadi lebih pandai.

Anak-anak memiliki sifat yang berbeda-beda ada yang betah mendengar guru berbicara ada juga yang tidak oleh karena itu sebaiknya Orang tua membiasakan diri untuk membacakan dongeng atau cerita-cerita anak kepada si Kecil.

Sering mendongeng untuk si Kecil melatih ia menjadi pendengar yang baik, membuat si Kecil juga memiliki imajinasi yang kreatif.

Selain itu si Kecil akan nyaman ketika guru di TK sedang menjelaskan pelajaran kepadanya.

6. Bangun rasa tanggung jawab sejak dini

Saat masuk TK memang guru-guru di sekolah akan sangat memahami kondisi si Kecil yang masih melakukan penyesuaian, namun peran Orang tua merupakan bagian yang paling penting untuk membangun sikap si Kecil.

Ajari si Kecil untuk memilliki rasa tanggung jawab karena saat memasuki pendidikan TK ia akan tergabung dalam kelompok kecil dimana ketika itu ia harus belajar bersikap yang baik untuk dirinya dan teman-temannya.

Tumbuhkan sikap tanggung jawab dengan cara Orang tua selalu berusaha mengajak si Kecil untuk melakukan hal-hal yang mudah dilakukannya.

Seperti membereskan mainan ketika ia selesai bermain dan meletakkan piring bekas makanannya ke dapur, dengan begitu si Kecil akan memilliki rasa tanggung jawab atas perilakunya dan guru-guru di sekolah juga akan senang karena si Kecil merupakan murid yang mudah dibimbing di sekolah.

7. Motorik anak harus dilatih

Kemampuan motorik si Kecil sangat mempengaruhi kegiatannya, saat si Kecil ditahap prasekolah lebih baik Orang tua membantu si Kecil untuk menyempurnakan kemampuan motoriknya.

Orang tua bisa mengajari si Kecil bertepuk tangan, menyusun permainan bongkar pasang, menggunakan pensil warna untuk mewarnai, menyalin tulisan huruf, dan bercerita.

Kegiatan tersebut bisa Orang tua lakukan di rumah guna membuat motoriknya menjadi lebih sempurna.

Hal-hal diatas perlu Orang tua perhatikan ya, supaya saat si Kecil masuk sekolah TK tidak mengalami kesulitan untuk melakukan penyesuaian di sekolah. Usia si Kecil juga merupakan faktor utama yang harus Orang tua dahulukan saat si Kecil akan sekolah.

Source; popmama.com

Leave a Reply