fbpx

Info Jurusan Teknologi Pangan

Kali ini Bimbel Educate akan membahas info jurusan kuliah teknologi pangan. Teknologi pangan adalah aplikasi dari ilmu pangan untuk sortasi, pengawetan pemrosesan, pengemasan,  distribusi, hingga penggunaan bahan pangan. Dalam teknologi pangan, dipelajari sifat fisis, mikrobiologis, dan kimia dari  bahan pangan dan proses yang mengolah bahan pangan tersebut. Jadi mempelajari tentang pengelolaan bahan  pangan (daging, sayur- mayur, buah-buahan, biji-bijian) juga aspek-aspek mengenai kue, roti, susu, cokelat, kembang  gula, pengawasan mutu, gizi, dan penanggulangan limbah.

Info Jurusan Teknologi Pangan, Lengkap Hingga Matkulnya | Educate 0
Info Jurusan Teknologi Pangan, Lengkap Hingga Matkulnya | Educate

Spesialisasinya beragam, diantaranya pemrosesan, pengawetan, pengemasan, penyimpanan dan sebagainya. Jadi ilmu  yang dominan banget dipake di jurusan teknologi pangan yaitu kimia dan biologi. Di semester awal akan dapet fisika  dasar, trus akan jg dapet fisika terapannya. Tapi porsinya ga sebanyak teknik. Yang dominan biologi ma kimia. Matkulnya  misalnya mikrobiologi, biokimia, kimia pangan, gizi atau misal teknologi fermentasi, dll.

Lulusan dari prodi teknologi pangan dapat berkarir di bidang industri pengolahan pangan, seperti Indofood, Garuda  Food, atau industri pangan lainnya. Atau dapat jg di perkebunan, perbankan, peneliti di lembaga penelitian, dinas  pemerintah seperti Dinas Pertanian atau Dinas Ketahanan Pangan.

Kampus yang menyediakan prodi teknologi pangan antara lain IPB, UGM, UNPAD, UNS, UNSOED, UB, USU, Bakrie, UNPAS dll  Gelar lulusan tekpang yaitu Sarjana Teknologi Pertanian (S.TP). Contoh: Choi Siwon S.TP

Teknologi pangan sama ilmu gizi bedanya apa? Kalo gizi lebih ke kandungan apa aja di dalam makanannya, kalo  tekpang lebih ke sifat fisis dan kimiawinya, seperti pengawetan, pengemasannya.

Departemen Ilmu TekPang IPB dan UB telah mendapat pengakuan/akreditasi oleh IFT (international food technology) di  Indonesia

Demikian pembahasan jurusan teknologi pangan, semoga bermanfaat  Sumber: jurusankuliah.net

Baca Artikel Lainnya

Yang bisa bantu kamu jadi lebih siap menghadapi SBMPTN

Lihat artikel Lainnya

Leave a Reply

1
Salam, ada yang bisa kami bantu?
Powered by