fbpx

Info Jurusan Teknik Sipil

Banyak yang belum mengetahui bahkan memahami mengenai seluk-beluk ilmu yang satu ini. Ada yang malah beranggapan sarjana lulusan teknik sipil kerjanya sebagai pegawai negeri sipil atau bekerja di kantor pencatatan sipil. Ya mungkin karena ada embel-embel sipilnya. Untuk lebih jelasnya yuk kita bahas jurusan ini bareng Bimbel Educate.

Info Jurusan Teknik Sipil, banyak yang tidak diketahui | Educate
Info Jurusan Teknik Sipil, banyak yang tidak diketahui | Educate 0

Awalnya, ilmu ini tumbuh di dunia militer dan digunakan untuk membangun pertahanan, pos-pos militer, benteng, dan bangunan-bangunan pendukung perang. Setelah perang berakhir, ilmu ini mulai berkembang. Masyarakat sipil pun bisa mempelajarinya kemudian menerapkannya dalam bangunan-bangunan sipil dimana tujuan pembangunannya ditujukan kepada masyarakat luas. Begitulah kira-kira, penjelasan mengenai pengenalan sejarah teknik sipil dari bapak dosen sewaktu mengajar semester satu dulu.

Teknik sipil adalah salah satu cabang teknik yang mempelajari tentang bagaimana merancang, membangun, merenovasi tidak hanya gedung dan infrastruktur, tetapi juga mencakup lingkungan untuk kemaslahatan hidup manusia. Cabang-cabang ilmu yang dipelajari dalam teknik sipil;

Stuktur bangunan mempelajari masalah struktur dari material (baja, beton, kaca, kayu, atau bahan lainnya) diantaranya, mengenai sifat-sifat material yang cocok digunakan untuk pembangunan.
Geoteknik mempelajari struktur dan sifat berbagai macam tanah. Ilmu ini bertujuan untuk menyelidiki keadaan-keadaan tanah di daerah sebelum didirikan bangunan, kondisi tanah akan mempengaruhi suatu pondasi bangunan.
Manajemen Konstruksi mempelajari masalah dalam proyek konstruksi mencakup finansial, penjadwalan pembangunan supaya tepat waktu, dan biaya proyek.
Hidrologi/Hidrolika, bisa ditebak mempelajari apa ? Tepat, mempelajari tentang air meliputi distribusi, masalah, dan
pengendaliannya. Penerapan ilmu ini digunakan untuk bangunan air seperti pelabuhan, waduk, bendungan.
-Transportasi, mempelajari sistem transportasi dalam perencanaan dan pelaksanaannya. Penerapan ilmu ini digunakan dalam konstruksi pengaturan jalan raya, konstruksi bandara, dan manajemennya.

Berbeda dengan arsitektur yang erat hubungannya dalam hal rancang-merancang, teknik sipil lebih ke dalam pelaksanaan dalam mengeksekusi rancangan arsitektur. Jadi, seorang teknik sipil harus bisa mentranslatekan rancangan bangunan di atas kertas ke lapangan, memberikan perbaikan/saran dalam pelaksanaan perencanaan bangunan, mengkonsep manajemen finansial dan waktu sebuah proyek, mengamati jalannya proyek. Seru kan ? Serunya tidak hanya itu saja, ada kegiatan praktik diluar juga selain kuliah, seperti praktik ilmu ukur tanah, praktik rekayasa lingkungan, praktik teknologi bahan konstruksi, praktik ilmu desain bangunan, dan masih banyak lagi.

Perguruan Tinggi yang Terdapat Jurusan Teknik Sipil

Berikut adalah Perguruan Tinggi yang menyediakan jurusan teknik sipil

-Institut Teknologi Bandung
-Institut Teknologi Sepuluh Nopember
-Universitas Andalas
-Universitas Atma Jaya Yogyakarta
-Universitas Bima Nusantara
-Universitas Brawijaya
-Universitas Diponegoro
-Universitas Gadjah Mada
-Universitas Gunadarma
-Universitas Hasanuddin
-Universitas Indonesia
-Universitas Islam Indonesia
-Universitas Islam Sultan Agung
-Universitas Katolik Parahyangan
-Universitas Kristen Petra
-Universitas Mercu Buana
-Universitas Pelita Harapan
-Universitas Sebelas Maret
-Universitas Sriwijaya
-Universitas Syiah Kuala
-Universitas Tarumanegara
-Universitas Trisakti

Sekian artikel mengenai info jurusan teknik sipil dan semoga bermanfaat

Baca Artikel Lainnya

Yang bisa bantu kamu jadi lebih siap menghadapi SBMPTN

Lihat artikel Lainnya

Leave a Reply

1
Salam, ada yang bisa kami bantu?
Powered by