Skip to main content

Freelance Guru Online Yang Cocok Untuk Pendidik

Freelance Guru Online merupakan pekerjaan sampingan yang menghasilkan, tetapi pendidik tidak hanya sebuah pekerjaan yang mutlak. Tapi, kamu juga bisa melakukan pekerjaan freelance lainnya yang sejalan dengan dunia pendidikan. Sejatinya ada banyak sekali lho pekerjaan freelance yang bisa menunjang kecintaanmu lebih dalam lagi terhadap dunia pendidikan. Apa saja? Pensasaran? Jika kamu penasaran berikut beberap  pekerjaan freelance yang cocok untuk pendidik yang bisa kamu jadikan pilihan untuk meningkatkan penghasilanmu.

1.  Menjadi tutor profesional

Pekerjaan freelance yang pertama yaitu dengan menjadi seorang tutor yang profesional. Sudah kita pahami bersama, sebagai pendidik tentu memiliki tuntutan untuk mendidik atau mengajar.

Seorang tutor profesional umumnya bekerja full-time di lembaga-lembaga pendidikan formal. Akan tetapi, tahukah kamu jika sekarang pekerjaan ini juga bisa dilakukan sebagai pekerjaan freelance atau sampingan.

Freelance Guru OnlineMenjadi seorang tutor memang tantangannya lebih berat dibandingkan dengan menjadi seorang pendidik yang bekerja pada sekolah formal.

Namun, hal ini bisa kamu jadikan sebagai motivasi untuk memperdalam pengalaman di dunia pendidikan.

2.  Pengajar atau guru online

Selain menjadi tutor yang profesional, salah satu dari pekerjaan freelance untuk pendidik yang bisa kamu coba lainnya yaitu dengan menjadi seorang pengajar atau guru secara online.

Di zaman yang serba canggih ini membuat banyak orang mulai bergeser menjadi lebih menyukai melakukan sesuatu secara online.

Hal ini juga berpengaruh pada dunia pendidikan, kini sudah banyak para freelancer yang mencoba menjadi pengajar secara online. Artinya kamu juga memiliki sebuah kesempatan yang sama untuk mencoba pekerjaan yang satu ini.

3.  Konsultan kurikulum pendidikan

Jika kesempatan menjadi pengajar online tak cocok bagi kamu, kamu bisa mencoba pekerjaan freelance lainnya seperti menjadi seorang konsultan kurikulum pendidikan. Dewasa ini kurikulum kerap berganti dengan cepat. Belum lama ini yang masih sering diperdebatkan yaitu dengan isu kurikulum tahun 2013.

Meskipun sudah 5 tahun yang lalu, namun perubahan kurikulum ini masih menjadi kontroversi, sehingga mengakibatkan masih banyak para pendidik yang kurang memahami mengenai kurikulum tersebut.

Berangkat dari permasalahan tersebut, bisa kamu manfaatkan sebagai salah satu materi dari kurikulum pendidikan yang ada di indonesia.

4.   Editor atau kontributor artikel pendidikan

Selain menjadi ketiga hal yang sudah disebutkan tadi, pekerjaan freelance lainnya yang tepat untuk seorang pendidik masih ada dua lagi yang bisa kamu coba.

Misalnya, dengan menjadi seorang editor atau kontributor artikel tentang pendidikan. Seperti halnya dengan menjadi pengajar online, tentu kamu sudah menyadari jika perkembangan zaman kini menuju transformasi digital.

Melihat peluang tersebut, tidak ada salahnya bukan mencoba peruntungan dari sebuah pekerjaan freelance seperti editor atau kontributor artikel untuk mendapat penghasilan tambahan.

5.   Guru privat datang ke rumah

Pekerjaan freelance yang cocok untuk seorang pendidik yang terakhir yaitu dengan menjadi seorang guru privat yang datang ke rumah. Artinya, kamu perlu mendatangi rumah klien yang menjadi muridmu. Peluang pekerjaan freelance sejenis ini sangat berpotensi memiliki banyak peminatnya. Terlebih jika mengingat banyak orang tua yang sibuk dan tidak memiliki banyak waktu untuk mengajari anaknya pendidikan tambahan. Oleh sebab itu, maka menjadi seorang guru les privat sangat diminati.

Bagaimana? Setelah mengetahui kelima hal tersebut apakah kamu kini sudah memiliki gambaran pekerjaan freelance mana yang mau kamu coba? Semoga pembahasan di dalam artikel ini bisa menambah wawasan dan melebarkan pola pikir kamu yang ingin mencoba menjadi freelancer. Semangat!

Klik Sekarang Untuk Mendaftar Lowongan Ngajar Bimbel

Source; fastwork.id

Leave a Reply

Berikan hadiah terbaik untuk masa depan Ananda yang istimewa Tanya Kami!