fbpx
Category

SBMPTN

Cara Mudah Mengerjakan TPS UTBK 2020

By SBMPTNNo Comments

tips mengerjakan tps utbk 1

tips mengerjakan tps utbk

UTBK adalah ranngkaian yang harus diikuti dalam proses SBMPTN. SBMPTN diadakan oleh LTMPT Pertama-tama, untuk tips mengerjakan TPS UTBK, perbanyak latihan soal tentunya. Lalu atur waktu untuk mengerjakan soal TPS. Buat strategi dalam mengerjakan TPS, bagi waktu, kerjakan dari yang paling bisa kau kerjakan. Kamu juga bisa mengikuti bimbel, untuk tips dan trik lebih lanjut dalam mengerjakan TPS UTBK.

Perbanyak latihan dengan soal-soal dari tahun-tahun sebelumnya atau tes sejenis. Pelajari dan biasakan diri dengan tipe-tipe soal yang biasa diujikan (terutama untuk yang aritmatika) karena, seingat saya, jenis soal yang keluar cenderung berulang tiap tahunnya dan memiliki pola penyelesaian yang sama.

Batasi waktu mengerjakan TARGET SOAL BENAR pada setiap komponen tes. Dalam mengerjakan target jawab soal, sahabat semua harus memperhatikan alokasi waktu pada setiap komponen tes UTBK. Artinya, sahabat harus membatasi waktu untuk mengerjakan, kami sarankan dengan menyisakan 2 menit pada setiap komponen tes TPS UTBK. 

tips mengerjakan tps utbk

Hati-hati terhadap soal yang punya 2 kemungkinan jawaban. Kuasai aljabar dan ketahui kapan dapat dipakai. Garis bawahi dengan pensil setiap kalimat akarnya, ubah menjadi simbol semacam p=>q. Jangan pikirkan jawaban, tapi sesegera/se-spontan mungkin coret jawaban yang pasti salah dulu. Baru kemudian pikirkan jawaban.

Tentukan TARGET JAWAB SOAL BENAR pada Setiap Komponen Tes TPS UTBK

Miliki jumlah target menjawab soal dengan benar pada setiap komponen tes UTBK. Misalkan pada TKA saintek komponen matematika dan fisika masing-masing kalian target jawab 10 soal atau yang TKA soshum komponen matematika pasang target 8 soal dan ekonomi 12 soal. Setelah pasang target, sahabat harus membatasi waktu mengerjakan soal UTBK pada masing-masing komponen.

Cara Menyelesaikan Soal UTBK Fisika Secara Mudah

By SBMPTNNo Comments

tips utbk menjawab soal fisika 1

tips utbk menjawab soal fisika

Masing-masing PTN, memiliki kewenangan untuk menentukan ranking penerimaan mahasiswa baru berdasarkan nilai UTBK, walaupun ada kampus yang memiliki beberapa syarat khusus, yaitu bidang studi asal saat SMA/MA/SMK. Tetapi yang paling dominan adalah nilai UTBK semua harus maksimal agar semakin besar peluang untuk lulus SBMPTN. Pastinya, untuk mendapatkan nilai UTBK maksimal, tidak cukup hanya kerja keras belajar, sampai keringat, juga mengikuti segala macam bimbel. Tetapi juga harus punya strategi mengerjakan soal UTBK yang efisien dan efektif. UTBK adalah rangkaian dari SBMPTN, yang diselenggarakan oleh LTMPT. Jangan lupa untuk mencari tips UTBK menjawab soal fisika.

tips utbk menjawab soal fisika 2

Untuk itu, inilah tips UTBK menjawab soal Fisika.

  1. Tingkat kesulitan per pelajaran yang diujikan BERVARIASI

Tiap pelajaran punya karakteristiknya masing-masing. Ada yang mudah, sedang, dan sulit.

Contohnya, soal Bahasa Inggris di TPS – Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis tergolong mudah karena teks yang digunakan pada soal menggunakan contoh kehidupan sehari-sehari dan vocabulary yang tidak terlalu advance.

Lalu ada soal Fisika. Soal Fisika UTBK banyak menguji pemahaman konseptual dasar dengan hitungan yang tidak terlalu ribet.

Tapi ada juga pelajaran yang soalnya terbilang sulit, seperti Biologi, Sejarah, dan Geografi. Sulitnya gimana? Soal-soal sulit ini menanyakan istilah-istilah sulit. Selain itu, topik yang ditanyakan terlalu random dan terlalu luas untuk dibatasi jadi kategori tertentu.

  1. Alokasi Waktu Setiap Komponen UTBK

Sahabat lakonfisika, materi tes UTBK terdiri dari Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA). TKA sendiri terdiri dari rumpun Saintek (Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi) dan rumpun Soshum (Matematika, Geografi, Sejarah, Sosiologi, dan Ekonomi). UTBK menerapkan sistem waktu terpisah untuk setiap komponen tes. Artinya setiap materi tes, baik TPS maupun TKA, diberikan waktu terpisah pada masing-masing komponennya.

  1. Fokus Pada Materi mudah

Fokus pertama adalah materi pelajaran yang mudah. Kerjakan dulu soal yang mudah. Jangan terpaku pada soal susah Karena itu bisa 

  1. Jangan Mengosongkan Jawaban

Sebaiknya anda jangan mengosongkan jawaban. Jawab saja. Karena sistem penilaian sekarang jika benar 1 dan salah nilai 0.

  1. Dalam belajar Fisika, tidak hanya mengandalkan akal sehat!

Maksudnya seperti contoh suatu benda itu baru bisa bergerak ketika ada gaya. Kalau tidak ada gaya, benda itu nggak bergerak dong. Tapi, itu baru perumpaan. Belajar Fisika tidak boleh pakai “kayaknya”. Sebaiknya, cari dulu hukum fisika yang mendasari kasus tersebut.

Ketika sudah tahu apa Hukum Fisika yang berlaku, baru kita bisa mengambil kesimpulan. Sebelum yakin Hukum Fisika apa yang harus diterapkan dalam menganalisis kasus tersebut, jangan mengambil kesimpulan apa-apa.

Tips Cara Ampuh Taklukan UTBK Biologi 2020

By SBMPTNNo Comments

tips utbk menjawab soal biologi 1

tips utbk menjawab soal biologi

UTBK adalah salah satu rangkaian SBMPTN, yang diadakan oleh LTMPT. Sering terjadi peserta UTBK meremehkan pelajaran Biologi. Mungkin mereka mikirnya, Biologi itu hafalan. Lebih baik dipelajari nanti, biar tidak lupa. Makanya, bacalah tips UTBK menjawab soal biologi, ini.

Padahal sebetulnya, hampir ga ada yang perlu dihafal dalam ilmu Biologi. Sebetulnya pelajaran Biologi itu bisa jadi lumbung nilai dalam ujian UTBK Saintek. Kenapa Biologi bisa jadi lumbung nilai? Karena sebetulnya kalau bisa ngerjain soal Biologi secara optimal, semua 15 soal Biologi (termasuk soal HOTS) di UTBK bisa dikerjakan dalam waktu kurang dari 20 menit. Sementara untuk pelajaran Saintek lain, waktu pengerjaan yang dibutuhkan relatif lebih lama. Waktu yang diperlukan dalam mengerjakan 1 soal Fisika, misalnya, biasanya relatif lebih lama daripada 1 soal Biologi. Itulah kenapa pelajaran Biologi berpotensi jadi lumbung nilai dalam UTBK Saintek. Kalau kamu tidak yakin, kamu bisa meminta bantuan tambahan pelajaran, di bimbel!

tips utbk menjawab soal biologi 2

Lalu, bagaimana cara agar bisa menghadapi UTBK Biologi?

  1. Pilih Hari Terakhir

Agar bisa banyak waktu untuk belajar. Selain itu kamu juga bisa mendapat gambaran soal dari peserta yang sudah tes. Untuk mendapatkan hari terakhir tes, maka kamu harus mendaftar lebih awal agar bisa mendapatkan hari yang kamu inginkan.

  1. Perbanyak Latihan Soal

Memperbanyak mengerjakan latihan soal akan semakin mengasah kemampuan kamu dalam menjawab soal. Untuk itu, disarankan sering mengerjakan soal UTBK beberapa tahun sebelumnya.

  1. Punya Target Soal Mudah dan Harus Benar

Misalkan kamu memilih Saintek. Maka ada beberapa jenis soal disini. Seperti Matematika IPA, Fisika, Kimia dan Biologi. Kamu harus punya perencanaan dengan memilih mata pelajaran yang anda kuasai dengan target soal benar yang besar. Misalnya Anda kuasai Matematika dan Biologi, maka kamu bisa meraih poin besar di soal ini.

  1. Manfaatkan waktu untuk memantapkan pemahaman konsep mapel yang ingin ditingkatkan nilainya

Perkuat konsep, tidak hanya lakukan latihan terus menerus. Dengan begitu, kamu bisa lebih mengerti soal-soal dan mengerjakan dengan mudah.

 

Pemahaman konsep itu sifatnya universal. Maksudnya, apapun tingkat kesulitan soal tersebut, kalau pemahaman konsep kamu sudah kuat, kemungkinan besar bisa jawab dengan cepat dan mudah. Oleh karena itu, bisa memperbaiki pemahaman konsep lo dengan mengacu pada artikel panduan belajar SBMPTN per mapel yang sudah ada di Educate sebelumnya dan video materi SBMPTN

  1. Jangan terpaku pada UTBK sebelumnya

Walaupun kita sudah mengetahui beberapa fakta dari UTBK gelombang pertama, tapi jangan terpaku pada realitas UTBK di gelombang pertama. Kenapa? Bisa jadi panitia memiliki banyak soal dengan berbagai varian. Dengan bantuan komputer, soal tersebut bisa diacak sehingga tiap peserta dan gelombang dapat soal yang berbeda-beda.

8 Tips SNMPTN Lulus PTN Tanpa Tes Seleksi

By SBMPTNNo Comments
8 Tips SNMPTN Lulus PTN Tanpa Tes Seleksi | Educate

8 Tips SNMPTN Lulus PTN Tanpa Tes Seleksi

Admin Educate kali ini mau share tips untuk lolos SNMPTN mengingat kuota SNMPTN itu yang paling besar lho, yaitu 50%. Oleh karena itu, yuk kita simak 8 tips agar bisa lolos SNMPTN.

8 Tips SNMPTN Lulus PTN Tanpa Tes Seleksi | Educate 0

1. Memilih Jurusan

Salah memilih jurusan sering kali menyebabkan tidak lulusnya SNMPTN, cara memilih jurusan yang benar adalah jika kamu jurusan IPA pastikan kamu mengambil jurusan yang berhubungan dengan IPA lagi, begitupula dengan jurusan IPS pastikan kamu memilih jurusan yang ada hubungannya dengan IPS. Jangan sekali – kali kamu melompat keluar dari bidang jurusan kamu, misalnya dari jurusan IPA mengambil jurusan yang berhubungan dengan IPS, karena peluang kamu lulus SNMPTN akan sangat tipis sekali.

2. Passing Grade Jurusan

Mungkin masuk jurusan favorit adalah impian setiap siswa yang mengikuti SNMPTN 2016. Tetapi kamu juga jangan memaksakan diri untuk tetap kekeh mengambil jurusan yang sangat favorit. Pikirkan dulu pesaing jurusan tersebut, lalu nilai raport kamu, lalu pesaing dari sekolah kamu yang daftar jurusan tersebut. Mengapa? Karena jika kemampuan kamu biasa saja kemungkinan kamu tidak akan lulus SNMPTN di jurusan favorit, kecuali kamu mempunyai banyak prestasi dan nilai yang sangat baik sekali.

3. Nilai Raport

Banyak orang yang menilai nilai raport yang selalu naik memiliki peluang yang sangat besar untuk lulus SNMPTN 2016-2017. Memang benar tetapi, bagi kamu yang memilik nilai yang tidak naik terus jangan khawatir asal jangan anjlok saja turunnya dan juga di tiap semester nialnya turun.

Program Bimbel Les Privat Terbaik untuk Prestasi Terbaik | Educate

4. Faktor Alumni

Perhatikan jumlah alumni yang lulus di PTN tahun lalu. Biasanya jika kamu mendaftar di universitas dan jurusan dan banyak alumni dari sekolah kamu yang diterima biasanya bisa mencitptakan sedikit peluang agar kamu lulus SNMPTN 2016

5. Faktor Sekolah

Meskipun nilai raport kamu tidak begitu bagus tetapi jika kamu bersekolah yang memiliki akreditasi yang sangat baik, ada kemungkinan kamu bisa lulus di SNMPTN 2016, dan jika kamu bersekolah di sekolah yang beraktreditasi rendah kamu harus sedikit berjuang kerang agar bisa lulus di SNMPTN 2016

6. Mengurutkan Jurusan Saat Pendaftaran SNMPTN

Cara mengurutkan jurusan yang benar saat pendaftaran SNMPTN 2016 adalah pastikan di bagian pertama adalah jurusan favorit kamu. Jurusan ke 2 pilihlah jurusan yang masih berhubungan dengan bidang jurusan di sekolah kamu, yang ke 3 pilihlah jurusan yang mempunyai passing grade dan ddaya saing yang sedikit.

7. Prestasi Non Akademik

Jika kamu mempunyai prestasi di luar sekolah, mau apapun itu prestasinya lampirkan  saja karena dapat membantu kamu berpeluang lulus SNMPTN 2016.

8. Ber Do’a

Terakhir adalah berdoa. Ya, berdoa. Pastikan kamu terus menerus berdo’a agar di mudahkan segala urusannya dan juga di mudahkan untuk lulus SNMPTN 2016 amin.

Mungkin itu saja informasi tentang 8 Tips Mudah Lulus SNMPTN. Mudah – mudahan dapat bermanfaat bagi teman-teman yang ingin mengikuti SNMPTN. Meskipun 8 tips ini tidak akan pasti membuat kamu lulus di SNMPTN, tapi setidak nya kamu sudah berusaha

Baca Artikel Lainnya

Yang bisa bantu kamu jadi lebih siap menghadapi SBMPTN

Lihat artikel Lainnya

Karir impian dan pekerjaan apa ya di masa depan? ini 10 pertanyaan untuk menemukannya

By jurusan kuliah, SBMPTNNo Comments

Karir impian dan pekerjaan, penentuan masa depan

Halo teman-teman semua khususnya buat kalian yang udah masuk kelas-kelas akhir SMA, SMK, MA dan sederajat. Kalian pasti sudah mulai dihadapkan pada pilihan kuliah atau kerja. Pilihan ini membuat kita galau kan? tapi kalau dipikirkan lebih jauh, apa sih yang buat kita menjadi galau?

Apakah karena memilih jurusan kuliah atau memilih pekerjaan setelah lulus sekolah menentukan karir impian dan pekerjaan di masa depan? Kalau iya, bagaimana kita bisa mengetahui dengan tepat karir impian dan pekerjaan apa yang paling tepat untuk kita di masa depan?

Karir impian dan pekerjaan di masa depan? Temukan di sini | Educate
Karir impian dan pekerjaan di masa depan? Temukan di sini | Educate 1

Jangan khawatir, di sini Educate bakal share 10 pertanyaan untuk membantu kalian menemukan karir impian dan pekerjaan impian kalian. Jawab pertanyaan-pertanyaan ini untuk merefleksikan pada diri sendiri. Endingnya, kalian bakal tahu karir impian dan pekerjaan yang paling tepat untuk kalian.

Apa saja pertanyaannya?

1. Jika saya dapat bertukar profesi dengan teman saya, maka saya akan memilih profesi_______karena_______

2. Saya selalu penasaran akan seperti apa bila menjadi______

3. Hal tsb menarik bagi saya karena______

4. Jika saya punya pendidikan atau kemampuan yang tepat, saya tentu mencoba menjadi_______, karena______

5. Jika saya harus kembali ke sekolah besok, saya akan mengambil mata pelajaran______, karena_____

6. Asisten dan teman-teman saya selalu mengatakan saya hebat di bagian_______, karena________

7. Hal yang paling saya sukai pada pekerjaan terkini saya adalah__________, karena______

8. Jika atasan saya membiarkan saya, saya akan mengerjakan_________, karena______.

9. Jika di hari Sabtu saya bebas untuk menghabiskan waktu dengan “mengerjakan” sesuatu, saya akan memilih________, karena_______

10. Jika saya pensiun, saya ingin dikenal sebagai________, karena_______.

Setelah menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas, kalian mulai ada gambaran deh kira-kira karir impian apa ya dan pekerjaan apa ya yang paling pas buat kalian.

Baca Artikel Lainnya

Yang bisa bantu kamu jadi lebih siap menghadapi SBMPTN

Lihat artikel Lainnya

Lulus SBMPTN Mau? Ikuti Ciri Khas Mereka

By SBMPTNNo Comments

Lulus SBMPTN Mau? Ikuti Ciri Khas Mereka

Pada tulisan ini, Educate akan mencoba merangkum ciri atau sifat utama apa aja sih yang dimiliki seorang pejuang SBMPTN yang membuat mereka pantas meraih mimpinya. yuk kita simak teman-teman

CIRI 1: Mereka Setia pada Mimpinya (Fokus, fokus, fokus!)

Mereka telah menentukan prioritas utama mereka untuk belajar SBMPTN dan mereka meninggalkan urusan lainnya seperti OSIS, marawis hingga lomba makan kismis.

Lulus SBMPTN Mau? Ikuti Ciri Khas Mereka | Educate

CIRI 2: Mereka Berani Keluar dari Zona Nyaman
Mereka akan melawan semua penderitaannya(ngantuk, ga bisa ketemu pacar apalagi hingga ditinggal pacar karena lebih sayang lembar latihan SBMPTN) karena mereka percaya semua penderitaannya akan terbayar ketika mereka lulus SBMPTN.

CIRI 3: Mereka Gak Menghafal Tipe Soal atau Rumus, tapi Belajar Konsepnya!
Banyak soal SBMPTN (apalagi SIMAK UI) yang “mempermainkan” rumus sehingga kita harus mengetahui konsep dari rumus tersebut agar bisa menghadapi segala soal termasuk soal-soal yang “mempermainkan” rumus. Mereka yang lulus SBMPTN tahu akan hal itu sehingga mereka lebih mengetahui konsep soal daripada menghafalnya saja.

CIRI 4: Mereka Tidak Cepat Puas dengan Nilai TO
Iya, ini dia. Karena ketika mereka mendapat hasil TO di atas passing grade yang mereka targetkan, mereka akan mengendurkan belajarnya daaaan eh melorot deh nilainya.

CIRI 5: Mereka Memanfaatkan Waktu Sebaik Mungkin
Mereka akan me-manage waktu sehingga target belajar mereka tidak terganggu.

Baca Artikel Lainnya

Yang bisa bantu kamu jadi lebih siap menghadapi SBMPTN

Lihat artikel Lainnya