Skip to main content
Info

Cara Cepat Memahami Pelajaran? Bisa!

By April 27, 2021No Comments
Cara Cepat Memahami Pelajaran

Cara Cepat Memahami Pelajaran

Cara Cepat Memahami Pelajaran Terbaik SD SMP SMA Garansi. Belajar bersama guru terbaik UI UGM ITB. Modul lengkap metode belajar asyik dengan Lowongan Guru Bimbel terbaik.

Cara Cepat Memahami Pelajaran

Beberapa orang percaya bahwa cara cepat memahami pelajaran adalah dengan mengikuti bimbingan belajar serta les privat untuk memperkaya wawasan dan membuat Anda lebih memahami pelajaran. Namun, nyatanya tidak demikian. Anda juga harus memiliki strategi sendiri bagaimana diri Anda dapat dengan mudah untuk menangkap pelajaran yang sudah diberikan kepada Anda.

Nah, kali ini, Saya ingin membahas mengenai bagaimana tips dan cara untuk bisa memahami pelajaran dengan lebih mudah. Penasaran? Yuk, simak informasi berikut ini ya!

Membuat Catatan Kecil

Pertama, cara paling ampuh untuk memahami pelajaran dengan mudah adalah dengan membuat catatan kecil. Nah, catatan kecil ini nantinya bisa dibuat sesuai dengan kebutuhan Anda saja. Jadi, Anda tidak perlu menuliskan terlalu banyak catatan. Sebab, yang ada hal ini malah membuat Anda lebih mudah untuk lupa.

Nah, maka dari itu, catatan kecil merupakan salah satu pilihan yang pas untuk Anda yang memang ingin mempelajari pelajaran dengan mudah. Anda bisa meletakkan catatan – catatan kecil ini di tempat – tempat yang sering Anda tempati seperti meja belajar, kaca rias, kulkas, depan pintu kamar, dan lain sebagainya untuk membuat Anda sering melihatnya dan secara tidak langsung akan membuat Anda lebih mudah memahami pelajaran.

Membuat Peta Konsep

Peta konsep juga merupakan salah satu pilihan yang sangat tepat sebagai cara cepat memahami pelajaran. Hal ini tak lain dan tak bukan karena peta konsep sendiri berisikan mengenai intisari dari materi yang diberikan dalam bentuk peta. Hal ini akan lebih membuat Anda mudah mengerti mengingat Anda akan lebih mudah memahami soal korelasi antara satu hal dengan hal lain di dalam materi tersebut. Sehingga Anda benar – benar tidak hanya mengetahui secara definisi saja, namun juga membangun konsep pada pikiran Anda mengenai pelajaran yang sedang dipelajari. Peta konsep atau mind mapping ini juga sangat identic dengan alat tulis warna warni yang membuat Anda lebih tertarik untuk melihatnya. Bagaimana? Seru bukan?

Memberikan Garis Bawah di Istilah Penting

Terakhir, yang bisa Anda lakukan sebagai cara cepat memahami pelajaran adalah dengan memberikan garis bawah pada istilah – istilah penting yang ada di buku bacaan. Sebab, tentunya Anda ketahui bahwa dalam buku semua tulisan diwarnai dengan warna yang sama tanpa ada perbedaan yang menonjol pun dalam hal – hal yang sifatnya penting. Sehingga kerap kali banyak masyarakat yang kesulitan untuk mendapatkan informasi penting dari suatu bacaan. Nah, itu dia guna dari pemberian garis bawah ini. Anda bisa memberikan garis bawah dengan warna – warna yang cerah untuk mempermudah Anda untuk membaca dan membuat tulisan lebih terlihat. Sehingga Anda tidak perlu lagi kehilangan informasi akibat tulisan yang terlalu banyak bukan? Selamat mencoba ya!

Leave a Reply