Skip to main content
Info

Bimbel Karantina UI, Supercamp untuk Persiapan Masuk Universitas Indonesia

By April 27, 2021No Comments
Bimbel Karantina UI

Bimbel Karantina UI

Bimbel Karantina UI Terbaik SD SMP SMA Garansi. Belajar bersama guru terbaik UI UGM ITB. Modul lengkap metode belajar asyik dengan Lowongan Guru Bimbel terbaik.

Bimbel Karantina UI

Sampai saat ini bimbingan belajar masih menjadi pilihan untuk mempersiapkan diri dalam ujian masuk perguruan tinggi negeri. Kuliah di perguruan tinggi negeri seperti Universitas Indonesia memang menjadi impian bagi sebagian besar siswa SMA. Tak mengherankan jika bimbel karantina UI, UGM, ITB, dan perguruan tinggi negeri lainnya makin banyak diminati.

Selain menjanjikan kualitas, perguruan tinggi negeri memiliki biaya yang lebih terjangkau. Sebab itulah ujian masuk PTN dibanjiri peserta dengan angka persaingan yang semakin ketat setiap tahunnya.

Apa Itu Bimbel Karantina?

Bimbel karantina pada dasarnya merupakan program khusus yang ditawarkan oleh berbagai lembaga bimbingan belajar untuk lulus seleksi masuk perguruan tinggi negeri. Metode karantina ini juga sering disebut dengan supercamp.

Metode bimbel karantina mengharuskan siswa untuk tinggal di lokasi belajar guna mengikuti pelatihan. Lokasi yang digunakan pun beragam. Mulai dari hotel, wisma, resort, hingga menyewa indekos.

Selama tinggal di lokasi belajar, siswa difokuskan mempelajari materi dan soal untuk persiapan ujian masuk perguruan tinggi negeri (PTN). Waktu pembelajaran dilakukan setiap hari, mulai dari pagi hingga malam hari. Program khusus bimbel karantina biasanya memakan waktu 4 – 6 minggu.

Perbedaan Bimbel Karantina UI dengan Bimbel SBMPTN Biasa

Bila dibandingkan dengan bimbel SBMPTN biasa, bimbel karantina UI bisa membuat siswa lebih fokus belajar. Hal ini tak lepas dari beberapa metode yang diterapkan oleh sejumlah bimbingan belajar. Salah satunya adalah belajar tanpa tidur untuk melatih siswa terhadap tekanan pada saat ujian masuk perguruan tinggi negeri.

Selain metode belajar yang lebih efektif, bimbingan belajar model karantina biasanya menggunakan sistem penerimaan yang sedikit berbeda. Yakni dengan les privat lebihdulu atau melalui matrikulasi.

Mengapa Harus Ikut Bimbingan Belajar Karantina?

Ada beberapa alasan mengapa bimbel model karantina jadi pilihan bagi sebagian pelajar, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Belajar jadi lebih fokus

Pembelajaran dengan metode karantina membuat peserta bimbel lebih fokus mempelajari materi dan latihan soal. Hal ini dikarenakan sistem menginap dapat mengurangi gangguan yang menyebabkan hilang fokus.

  • Mengukur kemampuan dan kesiapan

Peserta bimbel supercamp adalah siswa dari berbagai wilayah yang berbeda, sehingga bisa dikatakan bahwa bimbel semacam ini mirip seperti kompetisi saat ujian masuk PTN. Nah ini bisa jadi kesempatan untuk mengukur kemampuan, kesiapan, dan sejauh mana pemahaman siswa terhadap materi yang dipelajari.

  • Mengurangi gangguan eksternal

Selama supercamp gangguan eksternal selama belajar bisa dikurangi karena sepanjang hari peserta bimbel akan diberi materi dan latihan soal. Oleh karenanya sistem ini lebih efektif untuk persiapan masuk PTN.

Meski beberapa lembaga bimbingan belajar menawarkan program bimbel karantina UI, namun sistem dan tarif yang dipatok bisa saja berbeda tiap bimbel.

Leave a Reply