Skip to main content
Info

Bagaimana Cara Lulus SBMPTN Dengan Mudah

By April 27, 2021No Comments
Bagaimana Cara Lulus SBMPTN

Bagaimana Cara Lulus SBMPTN

Bagaimana Cara Lulus SBMPTN Terbaik SD SMP SMA Garansi. Belajar bersama guru terbaik UI UGM ITB. Modul lengkap metode belajar asyik dengan Lowongan Guru Bimbel terbaik.

Bagaimana Cara Lulus SBMPTN

Di Indonesia berkuliah di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) jauh lebih bergengsi daripada kuliah di Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Bukan hanya dari segi gengsi, kuliah di PTN juga jauh lebih hemat dari segi biaya. Mengingat biaya kuliah semakin tinggi setiap tahunnya membuat semakin banyak orang yang mewajibkan diri untuk berkuliah di PTN. Untuk masuk PTN terbaik tentu tidak mudah. Kamu harus bersaing dengan ratusan ribu calon mahasiswa lainnya. Saat ini ada tiga jalur untuk bisa masuk PTN, yakin SNMPTN, SBMPTN, dan Jalur Mandiri. Mengikuti SBMPTN menjadi salah satu kesempatan masuk PTN, karena tes yang diterapkan tes terbuka seluruh Indonesia. Bagaimana cara lulus SBMPTN dengan mudah? Berikut kami bagikan triknya.

Ketahui Jurusan yang Sesuai Minat dan Kemampuan 

Salah satu hal yang harus dilakukan jika ingin lulus SBMPTN adalah kamu harus ketahui terlebih dahulu jurusan yang sesuai minat dan kemampuan kamu. Jika ingin kuliah jangan hanya berfokus ke PTN nya saja, tetapi fokus juga terhadap minat dan kemampuan kamu. Jika jurusan tidak sesuai bidang dan kemampuan, maka kamu akan kesulitan nantinya saat kuliah. Oleh karena itu pastikan ketahui minat terlebih dahulu, lalu cari jurusan yang sesuai dengan minat dan kemampuan kamu.

Urutkan PTN Sesuai Peringkat dan Peminatnya

Bagaimana cara lulus SBMPTN? Caranya adalah dengan mengetahui kemampuan serta kemampuan lawan yang dihadapi. Setelah kamu mengetahui minat kamu, maka selanjutnya kamu perlu mencari PTN mana saja yang menyediakan jurusan tersebut. Setelah itu urutkan PTN berdasarkan peringkatnya, dari yang passing gradenya paling tinggi ke yang paling rendah. Dengan demikian kamu nantinya bisa tahu seberapa tinggi tingkat persaingan jurusan tersebut. Biasanya saat seleksi SBMPTN ada 3 PTN yang bisa dipilih. Jadi pilih 3 PTN yang peringkatnya paling tinggi, sedang dan rendah. Dengan demikian kesempatan masuk nantinya lebih besar.

Rajin Berlatih Soal SBMPTN

Tentunya cara terbaik untuk lulus SBMPTN adalah dengan rajin belajar dan mempersiapkan diri sebaik mungkin. Kamu perlu berlatih soal – soal tes SBMPTN, karena dengan berlatih soal tersebut maka kemampuan kamu akan semakin bertambah. Pastikan pelajari seluruh soal SBMPTN 5 tahun sebelumnya agar pemahaman kamu semakin baik. Semakin banyak soal – soal yang kamu latih, maka semakin besar pula kesempatan untuk lulus nantinya. Selain mengerjakan soal – soal pelajari juga materi pelajaran terkait jurusan tersebut. Menerapkan bimbel karantina merupakan cara tepat mempersiapkan diri.

Persiapkan Fisik dan Batin Sebaik Mungkin

Hal lain yang juga tak kalah penting dipersiapkan adalah kondisi fisik. Pastikan jaga kesehatan agar kamu bisa mengikuti ujian dengan baik nantinya. Persiapkan juga batin dan jangan lupa berdoa saat menghadapi ujian. Jika hal – hal tersebut kamu terapkan maka kamu pasti bisa lolos SBMPTN. Itu lah beberapa jawaban tentang Bagaimana cara lulus SBMPTN.

Leave a Reply