fbpx
All Posts By

bimbel

anak pesantren masuk kedokteran

By | Kedokteran | No Comments

Anak pesantren bisa masuk kedokteran? Bisa kah?

Wahai Pejuang PTN. Tidak bisa dipungkiri bahwa selama ini jurusan kedokteran adalah jurusan yang paling favorit. Alasannya jelas, karena kesehatan adalah hal yang utama dan dokter adalah profesi yang bisa menolong seseorang mengobati sakit. Belum lagi image yang ada saat ini mengenai dokter terutama di sinetron-sinetron yang kesannya wah, waw hingga ahay!

Anak ips bisa masuk kedokteran? Bisa kah? | PedagoCamp

Masalahnya nih Pejuang PTN, kedokteran adalah jurusan yang “IPA banget. Bagaimana tidak, ilmu kedokteran berkaitan dengan ilmu biologi untuk mempelajari anatomi dan fisiologi tubuh manusia. Belajar tentang kuman, pathogen, virus, sel, toksin, dan lainnya yang menjadi agen penyebab sakitnya manusia.

Selain biologi seorang dokter juga harus memahami kimia untuk mengetahui reaksi enzim, reaksi hidrolisis (sampai kaka sendiri pusing menulisnya), dan reaksi-reaksi lainnya yang dibutuhkan untuk memahami sebab akibat manusia bisa sakit dan cara mengobatinya. Ga Cuma itu Pejuang PTN, seorang dokter juga harus menguasai ilmu matematika untuk menghitung racikan obat yang ditulis dalam resep hingga ilmu fisika untuk menghitung ukuran radiasi yang tepat bila pasien membutuhkan penanganan pengobatan yang berhubungan dengan X-ray, rontgen dan masih banyak lainnya.

Terus pertanyaan yang mendasar buat kita semua dan mungkin buat Pejuang PTN, sebenarnya anak pesantren bisa masuk kedokteran kah? Bagaimana ya caranya? Anak-anak PESANTREN masuk kedokteran itu memang sulit (saya tidak mengatakan tidak bisa karena belum ada info valid mengenai hal ini Pejuang PTN) lewat jalur undangan atau SNMPTN atau istilah lainnya nanti di tahun ini yang selalu berubah-ubah. Kenapa sulit? Karena jalur masuk PTN tanpa tes menilai siswa dari rapotnya. Bila rapot Pejuang PTN tidak ada nilai-nilai mata pelajaran IPA, lalu bagaimana Pejuang PTN bisa dipertimbangkan untuk diterima di jurusan kedokteran? Simple nya begitu. Jadi lupakan saja masuk kedokteran di PTN lewat jalur undangan atau SNMPTN.

Jalur yang bisa Pejuang PTN tempuh adalah jalur ujian tulis. Pejuang PTN akan bertarung, berkompetisi secara jantan, fair layaknya seorang kesatria lewat seleksi SBMPTN. Yoi guys wahai Pejuang PTN yang anak PESANTREN. Pejuang PTN tuh orang-orang pilihan yang siap bertarung secara jantan. Jangan berkecil hati ya. Ingat! Ujian tulis tidak pernah memasang syarat untuk masuk jurusan kuliah IPA harus anak IPA jurusan PESANTREN harus anak PESANTREN. Kita lihat betapa banyaknya anak IPA yang masuk jurusan PESANTREN alias pindah jurusan.

Nah di sini kaka mau sedikit memberi tpesantren buat Pejuang PTN anak PESANTREN bisa masuk kedokteran di PTN. Apa saja itu tpesantren nya?

Ini dia tpesantren-tpesantrennya:

Tpesantren Jitu anak pesantren bisa masuk kedokteran

Anak ips bisa masuk kedokteran? Bisa kah? | PedagoCamp 1

Tpesantren 1: Fokuskan kegiatan untuk belajar menghadapi SBMPTN.

Buat Pejuang PTN yang anak PESANTREN, Pejuang PTN merasa suasana kelas anak PESANTREN jauh lebih berisik, ribut dan ramai seperti di medan perang Bandung Lautan Api dibandingkan anak IPA yang sunyi senyap seperti di dalam Goa. Hal itu wajar karena anak PESANTREN memiliki jiwa sosial yang ingin memahami antar manusia dengan bergaul. Sementara anak IPA ingin memahami alam dari keteraturan yang dimilikinya yang tergambar dalam rumus-rumus.

Walaupun kelas Pejuang PTN ramai, banyak godaan yang mengajak Pejuang PTN untuk bermain, jalan-jalan bahkan tidur di belakang kelas. Cobalah untuk berkorban untuk menolak semua ajakan tersebut dan yakinlah Pejuang PTN bisa bermain, jalan-jalan, dan tidur sepuasnya (kalau perlu tidurnya main-main sambil jalan-jalan) setelah Pejuang PTN lulus SBMPTN masuk kedokteran di PTN.

Kalau Pejuang PTN takut dikucilkan teman? Bilang baik-baik ke mereka “Bro, sist, kalian main aja dulu tapi jangan ngajak gue, gue mau masuk kedokteran, kalo lu ntar sakit gua yang rawat deh. GRATIS. Kalo lu mau buka bisnis rumah sakit ntar gua yang bantu deh” niscaya teman-teman Pejuang PTN mentertawakan Pejuang PTN dan dibalik tawa mereka ada satu dua cewek yang menaruh hati pada Pejuang PTN (yaampun balik lagi jadi sinetron).

Kalau Pejuang PTN masih sulit fokus, Pejuang PTN bisa mencoba belajar di bimbel karantina persiapan SBMPTN karena di bimbel tersebut suasana akan dikondisikan sekondusif mungkin agar Pejuang PTN konsentrasi belajar persiapan SBMPTN hingga Pejuang PTN masuk kedokteran di PTN. Atau Pejuang PTN bisa panggil guru-guru yang emang jago mengatasi soal-soal SBMPTN. Ga harus dokter gurunya. Malah kalian akan lebih dapat manfaat kalo guru kalian itu memang kuliah di jurusan yang sesuai mapel SBMPTN. Misal guru matematika ya dari jurusan matematika, biologi ya dari jurusan biologi. Lebih paham mendalam mereka. Apalagi SBMPTN sekarang memakai soal High Order Thinking Skill (HOTS) jadi butuh penalaran yang lebih tinggi lagi. Mau cari guru-guru yang bisa ngajarin soal-soal HOTS? Pejuang PTN bisa klik di sini.

Anak ips bisa masuk kedokteran? Bisa kah? | PedagoCamp 2

Tpesantren 2: Mulailah untuk mencoba pelajaran-pelajaran yang bukan berbasis menghafal, tetapi menghitung dan memahami konsep.

Pelajaran yang membutuhkan kemampuan menghafal tetap ada, tetapi sedikit berbeda, Contoh: Biologi. Bila sulit beradaptasi, maka Pejuang PTN bisa menggunakan bimbel karantina persiapan SBMPTN untuk membantu Pejuang PTN beradaptasi atau memanggil guru-guru yang memang jago di bidangnya di sini.

Tpesantren 3: Suka tidak suka harus mempelajari rumus-rumus dalam waktu singkat. Jangan dihafal, tapi pelajari konsepnya.

Karena menghafal rumus jauh lebih memusingkan dan bahkan pusingnya lebih abadi daripada memahami konsep suatu rumus. Dengan memahami rumus, Pejuang PTN masuk dalam golongan orang-orang yang beriman, eh salah, maksudnya orang-orang yang sudah siap lulus SBMPTN.

Lalu, kenapa menghafal rumus membuat Pejuang PTN pusing lebih abadi daripada memahami rumus? Karena bila Pejuang PTN suatu saat menghadapi soal-soal yang mempermainkan rumus. Pejuang PTN pasti akan pusing memasukkan rumus yang Pejuang PTN hafal ke soal tersebut. Apalagi soal SBMPTN kali ini akan menampilkan soal-soal High Order Thinking Skill lebih banyak lagi. Beda dengan yang sudah memahami konsepnya karena dengan memahami konsep rumus, Pejuang PTN bisa mengubah rumus tersebut atau bahkan menciptakan rumus baru selama masih dalam koridor konsep yang benar.

Tpesantren 4: Curilah start, belajarlah untuk persiapan SBMPTN sedini mungkin.

INILAH KEUNTUNGAN ANAK PESANTREN MASUK KEDOKTERAN dibandingkan anak IPA.

Karena rata-rata anak kelas 3 SMA IPA belajar persiapan SBMPTN hanya 1-2 bulan sebelum tes SBMPTN dimulai karena mereka baru belajar setelah mengetahui mereka tidak lolos SNMPTN. Mereka menunggu hasil SNMPTN dulu dengan wajah “mupeng” dan perasaan harap-harap cemas. Setelah itu kecewa, down dan patah arang karena tidak lulus SNMPTN.

Setelah down bangkit lagi baru setelah itu siap-siap buat SBMPTN. Buat Pejuang PTN yang anak PESANTREN, Pejuang PTN langsung belajar siap-siap SBMPT dari sekarang. Ngebut menyalip mereka anak IPA yang lemah galau karena cintanya ditolak oleh mbak SNMPTN.

Tpesantren 5: Belajarlah dengan yang sudah ahli.

Bila tidak sempat mencuri start, belajarlah dengan mereka-mereka yang sudah lulus SBMPTN dan masuk kedokteran, atau belajarlah dengan mereka-mereka yang jago di masing-masing mata pelajaran SBMPTN. Misal, belajar Biologi sama anak jurusan Biologi. Pejuang PTN bisa menemui mereka-mereka yang jago di setiap bidang dan mereka yang sudah lulus SBMPTN masuk kedokteran di sini.

Tpesantren 6: Beranilah menghadapi Try Out IPA, kendalikan pikiran Pejuang PTN agar Pejuang PTN tidak alergi menghadapi soal IPA.

Jangan takut melihat hasilnya karena hasil apapun dari Try Out adalah gambaran evaluasi Pejuang PTN dan dengan gambaran tersebut Pejuang PTN bisa menentukan tindakan berikutnya. Kalau di Pedagocamp hasil try out Pejuang PTN bisa menjadi acuan para guru-guru yang sudah berpengalaman untuk menyusun metode belajar special untuk Pejuang PTN.

Tpesantren 7: Selalu berdoa, jangan lupa di setiap keberhasilan ada izin dari Tuhan.

Semoga tulisan ini bermanfaat untuk Pejuang PTN semua khususnya anak-anak PESANTREN. Tetaplah semangat dan optimis menghadapi SBMPTN. Tetaplah percaya diri kalian bisa masuk jurusan kuliah manapun yang Pejuang PTN inginkan. Walaupun Pejuang PTN ingin sekali masuk kedokteran di PTN favorit, akan tetapi lebih baik bila Pejuang PTN mencoba mengetahui kecerdasan terpendam Pejuang PTN karena bila seseorang belajar dan berkarya sesuai dengan kecerdasan terpendam yang orang tersebut miliki maka orang tersebut bisa 100 kali lebih hebat daripada yang belajar dan berkarya tidak sesuai dengan kecerdasannya. (Pejuang PTN bisa mengetahui kecerdasan kalian di sini)

Baca Artikel Lainnya

Yang bisa bantu kamu jadi lebih siap menghadapi SBMPTN

Lihat artikel Lainnya

Info Jurusan Kedokteran

By | jurusan kuliah | No Comments

Info Jurusan Kedokteran

Setiap tahun, Ilmu Kedokteran menjadi jurusan favorit dalam berbagai seleksi mahasiswa baru. Peminat kuliah kedokteran  memang tinggi, dan tidak terbatas pada kampus negeri saja.

Nah, jika kamu berencana mengambil studi kedokteran, simak berbagai informasi tentang bidang tersebut dari Bimbel Educate berikut ini.

Info Jurusan Kedokteran, Lengkap Hingga Matkulnya | Educate
Info Jurusan Kedokteran, Lengkap Hingga Matkulnya | Educate 0

Masa studi

Seperti halnya pendidikan sarjana di jurusan lain, kuliah S-1 kedokteran butuh empat tahun masa studi. Setiap fakultas  kedokteran juga memiliki sistem pendidikan berbeda, ada yang menerapkan blok, ada yang memakai sistem kredit  semester (SKS). Meski demikian, mata kuliah yang dipelajari umumnya sama.

Banyak Hafalan

Kuliah kedokteran menuntut mahasiswanya mampu menghafal banyak materi kuliah, misalnya anatomi tubuh dan fungsinya serta obat-obatan. Enggak lucu kan kalau dokter selalu membuka buku saat sedang memeriksa pasiennya?

Praktikum

Selain banyak menghafal, kuliah kedokteran juga diisi berbagai praktikum di laboratorium. Mahasiswa kedokteran harus akrab berkutat dengan mikroskop, preparat, hingga kadaver alias mayat yang dijadikan alat belajar anatomi.

Biaya Kuliah

Fakta yang satu ini sepertinya sudah diketahui oleh masyarakat luas. Ya, orang tua harus menyediakan uang ratusan juta rupiah untuk menyekolahkan anak tersayangnya di Fakultas Kedokteran dengan harapan akan anaknya bisa lulus menjadi seorang dokter.

Fakta satu ini berlaku khususnya untuk universitas swasta, tetapi perlu diketahui apabila masuk FK di universitas negeri dengan jalur mandiri pun biayanya hampir sama hanya beda tipis.

Namun jika kamu bisa lolos seleksi melalui jalur SBMPTN, biaya untuk masuk di Fakultas Kedokteran masih terjangkau, tetapi ini juga tergantung pada kebijakan tiap-tiap universitas. Bukan cuma soal biaya saja, perkara persaingan masuk ke FK juga bukan perkara mudah. Saingannya bok….liat aja udah mules.

5 Kampus Kedokteran Terbaik di Indonesia

Menurut sumber, berikut adalah 5 Kampus kedokteran terbaik d Indonesia:

Universitas Airlangga
Universitas Brawijaya
Universitas Gadjah Mada
Universitas Indonesia
Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

Sistem KRS dan Sistem Blok

Fakultas Kedokteran menggunakan sistem blok, jadi tidak ada yang namanya pengisian KRS seperti di fakultas-fakultas lain, karena mata kuliah yang akan kita ambil semua sudah ditentukan pihak kampus. Di dalam 1 blok terdapat bermacam-macam mata kuliah, dengan segala praktikum, tuga,s dan ujian yang berbeda-beda.

1 blok biasanya ditempuh dalam waktu kurang lebih 1 bulan, dan bisa 7 kali atau bahkan lebih ujian yang harus dijalani, dari mulai ujian praktikum, skills lab, ujian blok, dan belum lagi nanti ada presentasi dan lain-lain. Dan ini akan terus dihadapin sampe nanti sudah jadi dokter!

Dokter Muda dan KOAS

Jika sudah lulus menjadi Sarjana Kedokteran (S.Ked) yang biasa ditempuh paling cepat 3,5 tahun, mahasiswa kedokteran harus mengikuti KOAS di rumah sakit dengan berbagai stase.

Contoh stase yakni anak, kulit kelamin, mata, penyakit dalam, dan lain-lain. Setiap stasenya ada ujian, presentasi, dan lain-lainnya juga, yang pastinya kamu juga masih harus belajar juga setiap harinya. Oh iya, konon katanya di KOAS ini banyak mahasiswa yang menemukan pasangannya, lho!

Ujian Kompetensi Dokter Indonesia (UKDI)

Selesai mengikuti KOAS selama 1,5 tahun (kalau lancar dan tidak ada halangan), mahasiswa Fakultas Kedokteran masih harus menghadapi Ujian Kompetensi Dokter Indonesia (UKDI) yang akan menentukan kelulusan dan kelayakannya untuk menjadi dokter. UKDI ini semacam UAN, dan pastinya harus BELAJAR BANGET!

Setelah lulus UKDI, seorang dokter juga masih wajib untuk mengikuti internship selama satu tahun, barulah kemudian bisa mendapatkan Surat Izin Praktik (SIP). SIP ini digunakan sebagai bukti bahwa kamu sudah layak dan bisa membuka praktik secara resmi untuk mengobati para pasien.

Oh iya, walau sibuk dengan kuliah, anak FK juga tetap harus bersosialisasi. Bergabung dengan kegiatan sosial guna mengasah jiwa empati, sehingga nanti kita bisa menjadi dokter yang memiliki rasa empati yang tinggi.

Semangatlah calon mahasiswa kedokteran, semangat calon teman sejawat! Jika memang cita-cita kalian untuk menjadi seorang dokter kejar dan berusahalah! Jangan khawatirkan tugas, ujian dan apapun rintangannya, kalian pasti akan mampu melewatinya!

Sumber: okezone.com, selasar.com, hipwee.com

Baca Artikel Lainnya

Yang bisa bantu kamu jadi lebih siap menghadapi SBMPTN

Lihat artikel Lainnya

Info Jurusan Teknologi Pangan

By | jurusan kuliah | No Comments

Info Jurusan Teknologi Pangan

Kali ini Bimbel Educate akan membahas info jurusan kuliah teknologi pangan. Teknologi pangan adalah aplikasi dari ilmu pangan untuk sortasi, pengawetan pemrosesan, pengemasan,  distribusi, hingga penggunaan bahan pangan. Dalam teknologi pangan, dipelajari sifat fisis, mikrobiologis, dan kimia dari  bahan pangan dan proses yang mengolah bahan pangan tersebut. Jadi mempelajari tentang pengelolaan bahan  pangan (daging, sayur- mayur, buah-buahan, biji-bijian) juga aspek-aspek mengenai kue, roti, susu, cokelat, kembang  gula, pengawasan mutu, gizi, dan penanggulangan limbah.

Info Jurusan Teknologi Pangan, Lengkap Hingga Matkulnya | Educate 0
Info Jurusan Teknologi Pangan, Lengkap Hingga Matkulnya | Educate

Spesialisasinya beragam, diantaranya pemrosesan, pengawetan, pengemasan, penyimpanan dan sebagainya. Jadi ilmu  yang dominan banget dipake di jurusan teknologi pangan yaitu kimia dan biologi. Di semester awal akan dapet fisika  dasar, trus akan jg dapet fisika terapannya. Tapi porsinya ga sebanyak teknik. Yang dominan biologi ma kimia. Matkulnya  misalnya mikrobiologi, biokimia, kimia pangan, gizi atau misal teknologi fermentasi, dll.

Lulusan dari prodi teknologi pangan dapat berkarir di bidang industri pengolahan pangan, seperti Indofood, Garuda  Food, atau industri pangan lainnya. Atau dapat jg di perkebunan, perbankan, peneliti di lembaga penelitian, dinas  pemerintah seperti Dinas Pertanian atau Dinas Ketahanan Pangan.

Kampus yang menyediakan prodi teknologi pangan antara lain IPB, UGM, UNPAD, UNS, UNSOED, UB, USU, Bakrie, UNPAS dll  Gelar lulusan tekpang yaitu Sarjana Teknologi Pertanian (S.TP). Contoh: Choi Siwon S.TP

Teknologi pangan sama ilmu gizi bedanya apa? Kalo gizi lebih ke kandungan apa aja di dalam makanannya, kalo  tekpang lebih ke sifat fisis dan kimiawinya, seperti pengawetan, pengemasannya.

Departemen Ilmu TekPang IPB dan UB telah mendapat pengakuan/akreditasi oleh IFT (international food technology) di  Indonesia

Demikian pembahasan jurusan teknologi pangan, semoga bermanfaat  Sumber: jurusankuliah.net

Baca Artikel Lainnya

Yang bisa bantu kamu jadi lebih siap menghadapi SBMPTN

Lihat artikel Lainnya

Info Jurusan Bioteknologi

By | jurusan kuliah | No Comments

Info Jurusan Bioteknologi

Kali ini Bimbel Educate ingin membahas jurusan yang sudah saya tekuni selama 5 tahun terakhir. Saya menulis karena banyak orang  bingung mendengar nama jurusan ini apalagi kalau yang diajak bicara orang Indonesia, banyak yang belum punya  gambaran singkat tentang bioteknologi.

Bioteknologi atau biasa juga dikenal dengan sebutan life science bisa dibilang ilmu yang memanfaatkan dan  mengoptimalkan kemampuan makhluk hidup agar dapat digunakan oleh manusia. Bioteknologi menggabungkan  berbagai aspek makhluk hidup agar menghasilkan produk yang berguna bagi manusia.

Info Jurusan Bioteknologi, Lengkap Hingga Matkulnya | Educate
Info Jurusan Bioteknologi, Lengkap Hingga Matkulnya | Educate 0

Jika kita tilik sejarahnya, bioteknologi sudah dimulai sejak ratusan tahun sebelum masehi, dengan produk pertamanya  sebuah minuman yang disebut dengan bir. Sebelum booming bahan bakar minyak dimulai pada pertengahan tahun  1800an, orang Eropa sudah mulai mengembangkan bakteri untuk memproduksi bahan bakar seperti butanol dan  senyawa alkohol lainnya. Sayangnya penelitian di bidang ini sempat terhenti karena biaya penelitian yang lebih mahal  daripada biaya mengolah minyak bumi. Barulah di tahun awal 90an penelitian di bidang ini kembali intensif seiring  semakin besarnya kebutuhan energi dan menipisnya cadangan minyak bumi.

Yang dipelajari

Bioteknologi biasanya dikategorikan ke dalam beberapa divisi sesuai dengan materi yang diajarkan. Setiap divisi  mendapatkan warna masing-masing kayak super sentai alias power ranger gitu… berikut penjelasan dari setiap divisi

Red biotechnology alias bioteknologi merah:Mempelajari dan mengembangkan bioteknologi di bidang kesehatan.  Biasanya bidang ini melakukan inovasi dalam produksi obat-obatan yang sudah ada, seperti memproduksi insulin di E.coli  atau S.cerevisieae (ragi roti), atau meneliti substrat baru yang bisa dijadikan obat. Di Jerman bidang ini yang paling  banyak dipelajari di universitas-universitas.

Green biotechnology alias bioteknologi hijau:Mempelajari dan mengembangkan bioteknologi yang berhubungan  dengan tanaman. Biasanya menitik beratkan sangat erat kaitannya optimalisasi produksi pangan. Di Jerman yang  digunakan sebagai tanaman uji coba adalah tembakau.

Blue biotechnology alias bioteknologi biru:Seperti namanya, biotek yang ini mempelajari bakteri-bakteri di laut.  Bioteknologi ini sangat jarang dipelajari di universitas di Jerman.

White biotechnology alias bioteknologi putih:Kalau yang ini mengoptimalkan kemampuan bakteri-bakteri untuk  kepentingan berbagai macam industri. Kalau si merah lebih banyak menggunakan bakteri, si putih lebih banyak  menggunakan enzim untuk materi penelitian. Enzim adalah zat dari/pada makhluk yang mempercepat reaksi kimia tanpa  ikut berubah. Pada produksi bahan-bahan kimia, pangan atau obat-obatan penggunaan enzim yang tepat bisa  mempercepat reaksi dan mengurangi penggunaan energi selama produksi.

Grey Biotechnology atau bioteknologi abu-abu:Ini adalah bioteknologi lingkungan. Bidang ini mempelajari kemungkinan  pemanfaatan sampah dan limbah agar bisa menciptakan zat yang berguna. Di Jerman bioteknologi abu-abu sudah  diterapkan pada proses penjernihan air. Dari air limbah rumah tangga bisa dihasilkan air minum dan gas yang bisa  digunakan sebagai bahan bakar.

Yellow Biotechnology alias bioteknologi kuning:Ini biotek yang bergerak di bidang pangan.Bioteknologi ini sangat jarang  saya dengar selama berkuliah di Jerman mungkin karena banyak orang Jerman tidak menyukai produksi pangan yang  direkayasa.

Secara garis besar seorang bioteknologiawan/bioteknologiwati (ini bahasa bener ga sih) pasti belajar tentang  mikrobiologi, molekular biologi, enzim dan down stream processing. Tapi di bioteknologi tidak banyak dipelajari hal-hal  yang berkaitan tubuh manusia.

Perkembangan bioteknologi saat ini sering kali masih terbentur dengan kode etik. Berbeda dengan di Amerika di Jerman  kloning hewan tidak diizinkan hal ini mungkin yang menyebabkan universitas di Jerman mempelajari Red dan grey  bioteknologi.

Penulis: Sandisanjoyo

Baca Artikel Lainnya

Yang bisa bantu kamu jadi lebih siap menghadapi SBMPTN

Lihat artikel Lainnya

Info Jurusan Sastra Jawa

By | jurusan kuliah | No Comments

Info Jurusan Sastra Jawa

Sastra Jawa? Belajar apa aja ya?

Banyak sekali orang yang bertanya mengenai prospek lulusan sastra Jawa. Bagi mereka yang ingin melanjutkan  studi di universitas, pertanyaan prospek lulusan suatu program studi memang penting untuk diketahui. Sebab, hal ini  sangat berkait erat dengan masa depan kelak ketika lulus kuliah. Mungkin Anda akan dengan mudah menjawab  prospek lulusan studi ekonomi, kedokteran, teknik, dan lain-lain karena luasnya lapangan kerja dan adanya  kepastian masa depan dari lulusan program studi tersebut. Namun, bagaimana prospek program studi yang satu  ini? Sebagai jurusan yang tidak begitu populer, program ini tidak banyak diketahui oleh khalayak umum. Lalu  Seperti apa jika prospek studi sastra Jawa dikaitkan dengan profesi yang akan digeluti kelak? Profesi apa sajakah  yang mungkin digeluti lulusan program studi sastra Jawa? mari kita temukan jawabannya bersama Bimbel Educate

Info Jurusan Sastra Jawa, Lengkap Hingga Matkulnya | Educate
Info Jurusan Sastra Jawa, Lengkap Hingga Matkulnya | Educate 0

Dosen. Profesi ini adalah profesi yang paling tepat. Alasannya, semua mata kuliah yang dipelajari kelak akan  berguna jika menjadi dosen. Saat ini peluang untuk menjadi dosen dari bidang ilmu humaniora cukup besar. Ada  beberapa sub bidang yang bisa anda geluti di antaranya filologi, susastra, linguistik, dan kebudayaan. Dari  keempat sub bidang tersebut saat ini masih kekurangan tenaga pengajar. Sebagai contoh, pakar linguistik Jawa  Kuna di Indonesia cuma ada dua orang, sementara kebutuhan akan pengajar studi Jawa Kuna masih belum  tercukupi mengingat jumlah mahasiswa yang terus meningkat berkali-kali lipat setiap tahunnya di berbagai  perguruan tinggi. Untuk menjadi dosen, paling tidak Anda harus melanjutkan program pascasarjana ketika lulus  dari program sarjana strata satu.

Peneliti. Menjadi seorang peneliti ilmu humaniora terbilang unik. Jumlah ahli di Indonesia terkait bidang humaniora  masih sangat sedikit. Sementara itu, kebutuhan pakar-pakar ilmu ini semakin besar dari berbagai lini kebutuhan  termasuk industri. Lantas apa hubungannya humaniora dengan industri? Keberhasilan suatu perusahaan sangat  erat kaitannya dengan kemampuan pemasaran suatu produk baik barang maupun jasa. Keberhasilan pemasaran  itu ditentukan oleh kemampuan perusahaan dalam menarik konsumen. Sikap konsumen itulah yang ada kaitannya  dengan kebudayaan. Bagaimana sebuah produk multinasional dapat diterima oleh masyarakat juga perlu kajian  budaya lokalnya. Contoh lain terkait peneliti, untuk penelitian filologi, ilmu yang mempelajari tentang naskah kuno,  masih sangat dibutuhkan oleh bangsa Indonesia. Sebagian besar naskah kuno yang berisi ilmu pengetahuan justru  saat ini berada di luar negeri. Sementara itu, kebutuhan tenaga filolog di Indonesia juga terus meningkat.

Jurnalis. Ilmu bahasa amat diperlukan dalam dunia jurnalistik. Bagaimana seorang jurnalis dapat menulis dengan  baik tanpa memiliki latar pendidikan bahasa yang tepat? Meskipun studi sastra Jawa fokus pada kajian bahasa  daerah, lulusan sastra Jawa juga diberi berbagai pengatahuan dasar ilmu linguistik bahasa Indonesia. Pada  dasarnya, bahasa Jawa maupun bahasa Indonesia memiliki kedekatan pola. Mahasiswa juga diajarkan tata  bahasa Indonesia sekaligus. Fonologi, Morfologi, Sintaksis dan Pragmatis bahasa menjadi bekal ilmu kebahasaan  yang patut dimiliki lulusan sastra Jawa. Dalam dunia jurnalistik, kemampuan ini sangat diperlukan dalam menulis  dan mengedit suatu tulisan. Pembelajaran bahasa yang intensif juga didapat dari kuliah bahasa Indonesia  akademik yang banyak melatih kemampuan berbahasa yang baik dan benar.

Guru. Kebutuhan akan jumlah guru bahasa Jawa di daerah semakin meningkat. Selama ini, guru-guru bahasa di  daerah kebanyakan justru tidak berlatar pendidikan bahasa Jawa. Bahasa Jawa jelas merupakan kemampuan  dasar lulusan sastra Jawa, oleh karena itu, lapangan kerja menjadi guru bahasa Jawa pun terbuka lebar. Meskipun  kuliah sastra Jawa tidak berlatar studi pendidikan bahasa, tapi kemampuan bahasa lulusan studi sastra Jawa  dapat diperhitungkan.

Periklanan. Meskipun ada studi khusus yang membahas tentang periklanan, dalam berbagai mata kuliah sastra  Jawa, mahasiswa diberi keterampilan dalam memainkan bahasa. Kata adalah senjata. Kata-kata yang menarik  perhatian orang hingga membeli suatu produk tidak dibuat asal-asalan. Studi sastra Jawa memiliki kuliah Bahasa  dalam Kebudayaan. Kearifan budaya dalam kata menjadi inti kuliah ini. Termasuk juga pragmatik dan semantik  bahasa yang mempelajari makna suatu bahasa. Hal ini amat dibutuhkan dalam merangkai kata-kata. Oleh karena  itu, lulusan sastra Jawa pun layak untuk menduduki bidang profesi periklanan.

Baca Artikel Lainnya

Yang bisa bantu kamu jadi lebih siap menghadapi SBMPTN

Lihat artikel Lainnya

Info Jurusan Sastra Inggris

By | jurusan kuliah | No Comments

Info Jurusan Sastra Inggris

Sastra Inggris? Ngapain aja sih di jurusan itu

Kuliah jurusan sastra inggris seperti apa sih? Apa cuma belajar grammar sama vocabulary? Terus apa

bedanya sama belajar di Sekolah Dasar dan Menengah? Yuk sama Bimbel Educate akan kita jawa Semuanya

Isi Perkuliahan

Di Sastra Inggris, khususnya Sastra Inggris Universitas Indonesia, kalian pasti akan mempelajari mulai dari  Grammar, Writing, Reading hingga Speaking dengan level yang berbeda-beda. Tak hanya itu, kalian akan  mempelajari:

Info Jurusan Sastra Inggris, Lengkap Hingga Matkulnya | Educate
Info Jurusan Sastra Inggris, Lengkap Hingga Matkulnya | Educate 0

1.Kebudayaan-kebudayaan negara-negara yang menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa  ibunya, seperti Amerika, Australia dan Inggris tentunya

2.Tidak hanya kebudayaan, kalian juga akan mempelajari kondisi masyarakat di negara tersebut mulai  dari sejarahnya secara singkat hingga isu-isu di masyarakat tersebut, seperti isu rasialisme di Amerika

3.Kalian pro kesetaraan gender? kebetulan. Di sini kalian akan menemui banyak dosen yang  mengetahui banyak tentang teori-teori feminism

4.Kalian juga akan mempelajari karya-karya sastra seperti poem, prosa dan drama. Kalian nanti akan mulai tidak asing dengan nama-nama seperti Shakespeare dan Ernst Hemmingway

5.Mau tau bedanya perempuan dengan laik-laki dalam berbahasa di kehidupan sosial di Inggris? kalian  juga akan mempelajarinya

6.Kalian juga akan membedah bahasa lebih dalam di perkuliahan linguistik. Kalian akan mempelajari  identifier dan identified dalam bahasa sehingga kalian akan paham mengapa ketika lampu lalu lintas  berwarna merah kalian akan menghentikan kendaraan.

7.Kalian juga akan mempelajari teori-teori pengajaran bahasa Inggris, kalian akan mendapat info lebih  tentang tata cara mengajari bahasa Inggris pada anak kecil, remaja hingga dewasa.

Well, masih banyak lagi. Ada banyak hal yang akan kalian pelajari di Sastra Inggris.

Universitas yang menyediakan Sastra Inggris

Berikut Universitas dengan Jurusan Sastra Inggris Terbaik di Indonesia:

Universitas Indonesia
Universitas Airlangga
Universitas Gadjah Mada
Universits Sanata Dharma
Universitas Pendidikan Indonesia
Universitas Diponegoro
UIN Syarief Hidayatullah
Universitas Kristen Petra

Berikut adalah prospek pengajar lulusan Sastra Inggris

Pengajar bahasa Inggris
Penerjemah Indonesia-Inggris Inggris-Indonesia
Asisten editorial
Penulis
Leksikografer
Pustakawan akademik
Wartawan majalah
Wartawan koran
Petugas informasi
Eksekutif periklanan
Public relations (PR)
Wiraswasta

Sekian info jurusan Sastra Inggris. Semoga bermanfaat

Baca Artikel Lainnya

Yang bisa bantu kamu jadi lebih siap menghadapi SBMPTN

Lihat artikel Lainnya

Info Jurusan Teknik Sipil

By | jurusan kuliah | No Comments

Info Jurusan Teknik Sipil

Banyak yang belum mengetahui bahkan memahami mengenai seluk-beluk ilmu yang satu ini. Ada yang malah beranggapan sarjana lulusan teknik sipil kerjanya sebagai pegawai negeri sipil atau bekerja di kantor pencatatan sipil. Ya mungkin karena ada embel-embel sipilnya. Untuk lebih jelasnya yuk kita bahas jurusan ini bareng Bimbel Educate.

Info Jurusan Teknik Sipil, banyak yang tidak diketahui | Educate
Info Jurusan Teknik Sipil, banyak yang tidak diketahui | Educate 0

Awalnya, ilmu ini tumbuh di dunia militer dan digunakan untuk membangun pertahanan, pos-pos militer, benteng, dan bangunan-bangunan pendukung perang. Setelah perang berakhir, ilmu ini mulai berkembang. Masyarakat sipil pun bisa mempelajarinya kemudian menerapkannya dalam bangunan-bangunan sipil dimana tujuan pembangunannya ditujukan kepada masyarakat luas. Begitulah kira-kira, penjelasan mengenai pengenalan sejarah teknik sipil dari bapak dosen sewaktu mengajar semester satu dulu.

Teknik sipil adalah salah satu cabang teknik yang mempelajari tentang bagaimana merancang, membangun, merenovasi tidak hanya gedung dan infrastruktur, tetapi juga mencakup lingkungan untuk kemaslahatan hidup manusia. Cabang-cabang ilmu yang dipelajari dalam teknik sipil;

Stuktur bangunan mempelajari masalah struktur dari material (baja, beton, kaca, kayu, atau bahan lainnya) diantaranya, mengenai sifat-sifat material yang cocok digunakan untuk pembangunan.
Geoteknik mempelajari struktur dan sifat berbagai macam tanah. Ilmu ini bertujuan untuk menyelidiki keadaan-keadaan tanah di daerah sebelum didirikan bangunan, kondisi tanah akan mempengaruhi suatu pondasi bangunan.
Manajemen Konstruksi mempelajari masalah dalam proyek konstruksi mencakup finansial, penjadwalan pembangunan supaya tepat waktu, dan biaya proyek.
Hidrologi/Hidrolika, bisa ditebak mempelajari apa ? Tepat, mempelajari tentang air meliputi distribusi, masalah, dan
pengendaliannya. Penerapan ilmu ini digunakan untuk bangunan air seperti pelabuhan, waduk, bendungan.
-Transportasi, mempelajari sistem transportasi dalam perencanaan dan pelaksanaannya. Penerapan ilmu ini digunakan dalam konstruksi pengaturan jalan raya, konstruksi bandara, dan manajemennya.

Berbeda dengan arsitektur yang erat hubungannya dalam hal rancang-merancang, teknik sipil lebih ke dalam pelaksanaan dalam mengeksekusi rancangan arsitektur. Jadi, seorang teknik sipil harus bisa mentranslatekan rancangan bangunan di atas kertas ke lapangan, memberikan perbaikan/saran dalam pelaksanaan perencanaan bangunan, mengkonsep manajemen finansial dan waktu sebuah proyek, mengamati jalannya proyek. Seru kan ? Serunya tidak hanya itu saja, ada kegiatan praktik diluar juga selain kuliah, seperti praktik ilmu ukur tanah, praktik rekayasa lingkungan, praktik teknologi bahan konstruksi, praktik ilmu desain bangunan, dan masih banyak lagi.

Perguruan Tinggi yang Terdapat Jurusan Teknik Sipil

Berikut adalah Perguruan Tinggi yang menyediakan jurusan teknik sipil

-Institut Teknologi Bandung
-Institut Teknologi Sepuluh Nopember
-Universitas Andalas
-Universitas Atma Jaya Yogyakarta
-Universitas Bima Nusantara
-Universitas Brawijaya
-Universitas Diponegoro
-Universitas Gadjah Mada
-Universitas Gunadarma
-Universitas Hasanuddin
-Universitas Indonesia
-Universitas Islam Indonesia
-Universitas Islam Sultan Agung
-Universitas Katolik Parahyangan
-Universitas Kristen Petra
-Universitas Mercu Buana
-Universitas Pelita Harapan
-Universitas Sebelas Maret
-Universitas Sriwijaya
-Universitas Syiah Kuala
-Universitas Tarumanegara
-Universitas Trisakti

Sekian artikel mengenai info jurusan teknik sipil dan semoga bermanfaat

Baca Artikel Lainnya

Yang bisa bantu kamu jadi lebih siap menghadapi SBMPTN

Lihat artikel Lainnya

Info Kuliah Jurusan Kesehatan Masyarakat

By | jurusan kuliah | No Comments

Info Kuliah Jurusan Kesehatan Masyarakat

Jurusan kesehatan itu nggak cuma berbicara tentang dokter, dokter, dan dokter. Banyak jurusan lain yang berhubungan dengan kesehatan, salah satunya adalah jurusan kesehatan masyarakat

Oke, sekarang Bimbel Educate akan coba jelaskan tentang jurusan kesehatan masyarakat. Apa perbedaan jurusan pendidikan dokter dan jurusan kesehatan masyarakat? jurusan pendidikan dokter menangani masalah kesehatan yang klinis dan bersifat pribadi. Sedangkan kesehatan masyarakat lebih terfokus untuk menangani masalah kesehatan yg mewabah di masyarakat dan bersifat umum. jadi dokter lebih bersifat personal (orang ke orang), kesehatan masyarakat bersifat umum (orang ke masyarakat). contoh domainnya kesehatan masyarakat misalnya kasus gizi buruk yang banyak dialami oleh masyarakat dengan ekonomi rendah

Info Kuliah Jurusan Kesehatan Masyarakat, banyak yang tidak diketahui | Educate
Info Kuliah Jurusan Kesehatan Masyarakat, banyak yang tidak diketahui | Educate 0

Mata kuliah yang dipelajari dalam jurusan kesehatan masyarakat ini sangat beragam. Pada semester 5 nanti dibagi (dijuruskan) menjadi 7 konsentrasi/keahlian (contoh di #kesmas unair)
#1 Ilmu Administrasi Kesehatan,
#2 Ilmu Biostatistika dan Kependudukan,
#3 Ilmu Epidemiologi,
#4 Ilmu Gizi Kesehatan Masyarakat
#5 Ilmu Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), #6 Ilmu Kesehatan Lingkungan,
#7 Ilmu Promosi Kesehatan dan Perilaku

Pada semester awal semua bidang ilmu tersebut akan dipelajari, baru pada semester akhir dilakukan “penjurusan”.

Lapangan kerja lulusan kesehatan masyarakat (dengan gelar S.KM) ini jg sangat beragam, dan tentu g jauh dari dunia kesehatan. Di pemerintahan dapat bekerja di Departemen Kesehatan, Dinas Kesehatan, Puskesmas, Dinas Sosial, Rumah Sakit di swasta, dapat di RS swasta, perusahaan obat, produsen makanan, asuransi, konsultan gizi, promosi dan manajemen kesehatan

Jurusan kesehatan masyarakat itu ada di PTN antara lain UI, UNAIR, UNDIP, dll

Baca Artikel Lainnya

Yang bisa bantu kamu jadi lebih siap menghadapi SBMPTN

Lihat artikel Lainnya

Info Kuliah Jurusan Kriminologi

By | jurusan kuliah | No Comments

Info Kuliah Jurusan Kriminologi

Apa yang kamu pikirkan ketika pertama kali mendegar kata kriminologi? Kejahatan dan kriminalitas? Hmm, ga salah kok. Ternyata, mengenai kejahatan dan kriminalitas itu ada ilmunya, lho. Namanya Kriminologi. Kamu pasti sering dong lihat atau dengar berita tentang kejahatan dari berbagai media seperti pembunuhan, pencurian, pemerkosaan, dll? Kejahatan-kejahatan semacam itulah yang dipelajari melalui ilmu Kriminologi. Untuk kamu yang berjiwa detektif, jurusan Kriminologi ini bisa menjadi pilihan.
Yuk lihat info jurusan kriminologi dari Bimbel Educate

Info Kuliah Jurusan Kriminologi, banyak yang tidak diketahui | Educate
Info Kuliah Jurusan Kriminologi, banyak yang tidak diketahui | Educate 0

Pada dasarnya, jurusan kriminologi mempelajari kejahatan sebagai gejala sosial untuk kemudian mengetahui dan mempelajari bagaimana cara mengendalikannya. Mengendalikan? Iya, kejahatan itu kan tidak bisa diberantas habis, tapi bisa dikendalikan.

Biasanya, jurusan Kriminologi ini berada di bawah naungan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Sejauh ini, belum banyak universitas di Indonesia yang sudah menyelenggarakan departemen atau jurusan Kriminologi selain Universitas Indonesia, Universitas Islam Riau, dan Universitas Budiluhur.

Di perkuliahannya nanti, gambaran mata kuliah untuk jurusan Kriminologi ini adalah Metode Penelitian, Sosiologi Perilaku Menyimpang, Sistem Peradilan Pidana, Strategi Pencegahan Kejahatan, Kejatahan Kerah Putih, Etnografi Kejahatan Di Indonesia, Hak Asasi Manusia, Teori Penologi, Kejahatan Terencana, Kejahatan Lingkungan, Viktimologi, Kriminologi dan Pembangunan, Kejahatan Susila, Kejahatan Seksual, Teori Viktimologi, Seminar Krimonologi, Kapita Selekta Kriminologi, dll.

Maraknya kejahatan yang terjadi membuat kriminolog sebenarnya sangat diperlukan, lho. Mengapa? Karena ketika ada peristiwa kejahatan yang menarik perhatian banyak orang, mereka ingin memperoleh penjelasan-penjelasan yang lengkap dan menyeluruh. So, tunggu apa lagi?

Selain menjadi kriminolog, kamu nantinya juga bisa menjadi dosen, peneliti, atau bekerja di LSM baik itu LSM pemberdayaan masyarakat, perlindungan anak, antinarkotika, maupun LSM perlindungan perempuan. Kamu juga bisa bekerja di Badan Intelejen Negara, media massa, dll.

Bagaimana, tertarik untuk mengambil jurusan ini? Atau masih bingung mau pilih jurusan apa? Udah tau dong program apa yang dapat membantu kalian menyelesaikan masalah tersebut. Yapp, betul sekali program TES ONLINE bidikmasadepan.com adalah program yang sangat tepat untuk membantu kalian dalam memilih jurusan kuliah, program ini sangat direkomendasikan oleh para konsultan karir lhoo, tentunya kalian tidak mau salah pilih jurusan kuliah bukan?
Selamat memilih karir di masa depan ya guys

Baca Artikel Lainnya

Yang bisa bantu kamu jadi lebih siap menghadapi SBMPTN

Lihat artikel Lainnya

Info Kuliah Jurusan Hukum

By | jurusan kuliah | No Comments

Info Kuliah Jurusan Hukum

Hukum merupakan peraturan atau adat yg secara resmi dianggap mengikat, yg dikukuhkan oleh penguasa atau pemerintah.

Banyak yang mengira bahwa lulusan jurusan hukum akan jadi pengacara. Padahal tidak semua lulusan Hukum bekerja sebagai pengacara. Organisasi-organisasi, mulai dari perusahaan akuntansi dan departemen pemerintahan hingga bank dan usaha-usaha besar menghargai ketrampilan lulusan Hukum

Info Kuliah Jurusan Hukum, banyak yang tidak diketahui | Educate
Info Kuliah Jurusan Hukum, banyak yang tidak diketahui | Educate 0

Nih kaka Bimbel Educate kasih tahu, bagi yang ingin terjun ke dunia hukum, bisa memilih pekerjaan sebagai jaksa, hakim atau juga pengacara. Bagi yang ingin masuk ke dunia bisnis, bisa menjadi seorang ahli hukum di perusahaan-perusahaan seperti mengurusi masalah perjanjian antar organisasi. Bagi yang ingin mandiri pun bisa memilih menjadi seorang notaris. tapi harus menyelesaikan pendidikan khusus kenotariatan (S2 Kenotarisan). Ada banyak lapangan kerja selain yg disebutin misalnya jurusita, konsultan, mediator, polisi, peneliti, panitera pengadilan, PNS dll

Apakah jurusan Hukum = menghafal pasal? jurusan Hukum itu yang paling penting bukan menghapal pasal, memang untuk beberapa mata kuliah ada yang harus menghafal. tapi yang paling penting di jurusan Hukum adalah kita diajari cara berpikir dengan logika yang benar dan tepat. Logika yang benar dan tepat ini kemudian sangat diperlukan untuk mengimplementasikan hukum /perundang–undangan. kegiatan belajar di jurusan Hukum berupa tatap muka, kuliah umum, praktek, ada juga simulasi sidang

Pada semester awal akan diajarkan dasar-dasar hukum secara umum, kemudian disemester lanjut bisa memilih konsentrasi pada salah satu minat studi yang tersedia. contohnya di Hukum UI, terbagi dalam 7 konsentrasi: #1. Hukum Perdata, #2. Hukum Pidana, #3. Hukum Acara, #4. Hukum Tentang Kegiatan Ekonomi, #5. Hukum Tata Negara dan Administrasi Negara, #6. Hukum Internasional, #7. Hukum Kemasyarakatan.

Baca Artikel Lainnya

Yang bisa bantu kamu jadi lebih siap menghadapi SBMPTN

Lihat artikel Lainnya
1
Salam, ada yang bisa kami bantu?
Powered by