Skip to main content
Info

Anak IPA dan IPS, Bagus Mana Prospeknya Kerjanya!

By April 21, 2021No Comments

Anak IPA dan IPS, Bagus Mana Prospeknya

 

Apa yang kamu pertimbangkan sewaktu memilih penjurusan kelas? Apa pun itu yang jelas sebaiknya jangan karena ikut-ikutan teman, atau karena persepsi kebanyakan orang terhadap jurusan tersebut, misalnya ‘anak IPA itu otaknya encer’, ‘anak IPS itu bawel’ dan lain sebainya. Semua jurusan itu baik dan berprospek asalkan kamu memilih yang cocok sesuai dengan minat dan bakat. Mungkin bisa ditelusuri dari pertanyaan ini: “apa pekerjaan yang kamu cita-citakan?” Setelah tau jawabannya, maka kamu akan lebih mantap dalam memilih jurusan.atau bisa juga ikut pelatihan privat agar kamu lebih optimal nantinya.

 

Berikut adalah beberapa contoh pekerjaan berprospek yang cocok untuk anak IPA, IPS.

 

Masih bingung menentukan jurusan kuliah? Jika kamu adalah anak IPA, beberapa pilihan di bawah ini bisa kamu jadikan pertimbangan.

 

  1. Kedokteran

 

Anak IPA dan IPS Bagus Mana ProspeknyaSalah satu jurusan paling populer dan bergengsi adalah jurusan kedokteran. Jika kamu berencana mengambil jurusan ini, pastikan kamu memulai mencari informasi sejak awal, karena kuota pendaftaran selalu penuh dengan cepat, terutama di universitas ternama. Dan kamu mungkin akan diminta untuk mengikuti tes masuk atau tes lainnya.

 

  1. Desain Grafis

 

Anak IPA dan IPS Bagus Mana ProspeknyaSeorang desainer grafis menggunakan software desain (seperti: Adobe Photoshop) dan dengan element seperti foto, font, warna, bentuk, ilustrasi, tekstur dan lainnya untuk menyampaikan pesan atau arti di beragam media, seperti iklan cetak, brosur, kemasan produk, poster, majalah dan koran, desain buku dan banyak lagi. Mereka adalah komunikator yang baik, artis kreatif yang akan mengekpresikan melalui teknologi.

 

  1. Teknik Mekanik

 

Anak IPA dan IPS Bagus Mana ProspeknyaPara insinyur mekanik biasanya menjalankan tugas-tugas sehubungan dengan merencanakan dan mendesain peralatan, mesin-mesin, dan peralatan lainnya. Mereka mengawasi penginstalasian, pengoperasian, perawatan, dan perbaikan dari peralatan yang ada, misalnya sistem pemanas, gas, perairan, dan juga penguapan.

 

Bagi kamu yang sejak SMA sudah mengambil peminatan IPS dan tengah dilema dalam menentukan jurusan di Perguruan Tinggi, yuk kita simak bersama-sama tentang jurusan IPS paling favorit berikut ini.

Jurusan IPS Paling Favorit di Bangku Kuliah

1. Ilmu Komunikasi

Anak IPA dan IPS Bagus Mana ProspeknyaJurusan IPS paling favorit yang pertama yaitu jurusan Ilmu Komunikasi. Meskipun disebut sebagai Ilmu Komunikasi, perlu diketahui bahwa jurusan satu ini tidak hanya mempelajari cara berkomunikasi yang baik dan benar saja lho.

Banyak sekali pelajaran-pelajaran seru yang akan kamu dapat, mulai dari public speaking, penulisan naskah, sinematografi, fotografi, desain dan animasi, hingga membuat iklan dan film. Selain itu, kamu juga tidak hanya mempelajari teori melainkan praktek di lapangan secara langsung.

2. Hubungan Internasional

Anak IPA dan IPS Bagus Mana ProspeknyaJurusan IPS paling favorit yang tak kalah populernya dengan ilmu komunikasi yaitu hubungan internasional atau HI. Dari namanya saja, kita sudah bisa tahu bahwa jurusan ini merupakan salah satu jurusan yang cukup bergengsi.

Di HI kamu akan mempelajari berbagai hal yang berhubungan dengan aktivitas interaksi lintas negara, seperti seni diplomasi, politik luar negeri, perdagangan luar negeri, ekonomi internasional, hukum internasional, hingga globalisasi.

 

Leave a Reply