Skip to main content
Uncategorized

Kisi-Kisi Jitu Terbaru Tes Masuk AKPOL 2020

By April 22, 2021No Comments

tes masuk akpol 2020 1

tes masuk akpol 2020

Akademi Kepolisian atau sering disingkat Akpol (bahasa Jawa: ꦄꦏꦢꦼꦩꦶ​ꦏꦼꦥꦺꦴꦭꦶꦱꦶꦪꦤ꧀) adalah sebuah lembaga pendidikan untuk mencetak perwira Polri. Akpol adalah unsur pelaksana pendidikan pembentukan Perwira Polri yang berada di bawah Kalemdikpol (Kepala Lembaga Pendidikan Polri). Berdasarkan Peraturan Kapolri Nomor 21 Tahun 2010, Akpol bertujuan untuk menyelenggarakan pendidikan pembentukan Perwira Polri tingkat Akademi dan lama pendidikan adalah 4 tahun dengan output pangkat Inspektur Polisi Dua (Ipda). Pendekatan pendidikan melalui metode pembelajaran, pelatihan dan pengasuhan. Akpol tergabung sebagai anggota INTERPA (International Association of Police Academies) dari 36 negara anggota lainnya. Cobalah belajar mempersiapkan diri untuk tes masuk akpol 2020 dengan belajar di bimbel.

Perjalanan sejarah Akademi kepolisian telah mengalami berbagai perubahan secara organisasi maupun tempat domisilinya sampai pada akhirnya menetap di Semarang. Tonggak berdirinya Akademi Kepolisian dimulai setelah proklamasi kemerdekaan tanggal 17 Agustus 1945, beberapa hari setelah Proklamasi Kemerdekaan RI, para cendikiawan bangsa Indonesia mengambil alih kekuasaan pendidikan dari penjajah Jepang. Ambil alih tersebut termasuk pendidikan kepolisian “ Jawea Keisatsu Gakka” selanjutnya diganti menjadi Sekolah polisi Negara RI di Sukabumi. Sekolah inilah nantinya akan menjadi cikal bakal Akademi Kepolisian.

tes masuk akpol 2020 2

Fasilitas pendidikan identik dengan istilah sarana dan prasarana pendidikan. Akpol memiliki berbagai fasilitas pendidikan untuk menunjang kegiatan pembelajaran, pelatihan, dan pengasuhan bagi Taruna Akpol, dengan rincian sebagai berikut: Gedung perkantoran, Akpol memiliki setidaknya 6 (enam) gedung yang dijadikan sebagai kegiatan perkantoran, dengan rincian:

 

Gedung Tribrata Utama

Gedung Graha Bhayangkara

Gedung Graha Oetomo

Gedung Graha Cendikia

Gedung Graha Taruna

Rumah sakit Akpol

Stadion Taruna

 

PERSYARATAN MASUK AKPOL

Berikut persyaratan pendaftaran Taruna/i Akpol 2020 yang dikutip dari surat Pengumuman Kapolri nomor PENG/6/III/DIK.2.1./2020, Rabu (11/3/2020):

Persyaratan umum:

Warga Negara Indonesia (pria atau wanita);

Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa;

Setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945;

Warga Negara Indonesia (pria atau wanita);

Sehat jasmani dan rohani (surat keterangan sehat dari institusi kesehatan);

Berumur paling rendah 18 (delapan belas) tahun pada saat diangkat menjadi anggota Polri;

Tidak pernah dipidana karena melakukan suatu kejahatan (SKCK);

Berwibawa, jujur, adil dan berkelakuan tidak tercela;

Lulus pendidikan dan pelatihan pembentukan anggota Kepolisian.

Pendidikan akan dimulai pada 5 Agustus 2020 dengan jumlah peserta didik 250 orang rincian 220 pria dan 30 wanita.

Pendftaran dan seleksi diselenggarakan oleh seluruh Polda sebagai Panitia Daerah (Panda).

Sementara seleksi tingkat pusat oleh Mabes Polri sebagai Panitia Pusat.

Leave a Reply