fbpx

Beginilah Cara Memilih Jurusan Di STAN

By March 23, 2020 Uncategorized

cara memilih jurusan di stan 1

cara memilih jurusan di stan

STAN memiliki kepanjangan yaitu Sekolah Tinggi Akuntansi Negara dengan ikatan dinas dan berada di bawah naungan Kementerian Keuangan RI. Banyak siswa di seluruh nusantara yang ingin menjadi mahasiswa di STAN karena banyaknya keuntungan yang akan didapatkan jika diterima di STAN, seperti bebas biaya pendidikan, kesempatan melanjutkan pendidikan, jaminan penempatan dan masih banyak lagi. Tetapi, banyak dari mereka masih bingung cara memilih jurusan di STAN. Selain itu, banyak juga yang bingung untuk memilih bimbel belajar masuk STAN seperti apa. Untuk itu, Sukses STAN bisa jadi solusinya!

Politeknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (PKN STAN) adalah pendidikan tinggi kedinasan di bawah Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, Kementerian Keuangan Republik Indonesia, yang menyelenggarakan pendidikan Program Studi Diploma bidang keuangan negara. STAN didirikan dengan dasar hukum Keputusan Presiden RI No.45 Tahun 1974 juncto Keputusan Presiden RI No.12 Tahun 1967 serta dengan landasan hukum Peraturan Menteri Keuangan RI No.1/PMK/1977 tanggal 18 Februari 1977.

cara memilih jurusan di stan 2

Berikut ini tips memilih jurusan di STAN:

  1. Pilih jurusan dengan jumlah penawaran terbanyak

Jurusan yang memiliki penawaran terbanyak maka siswa yang akan diterima juga semakin banyak. Artinya, jurusan ini dibutuhkan oleh banyak pekerjaan sehingga prospek kerjanya lebih bagus. Meskipun demikian, Anda dapat memilih jurusan sesuai keinginan Anda, tapi pastikan kemungkinan nantinya yang akan terjadi berkaitan dengan pekerjaan yang akan dilakukan.

 

2. Pelajari hukum penawaran dan hukum permintaan

Sebelum memilih jurusan di STAN, maka Anda harus tahu terlebih dahulu apa itu hukum penawaran dan hukum permintaan. Jurusan yang memberikan penawaran banyak maka kuota siswa yang akan diterima juga lebih banyak sehingga peluang untuk masuk ke jurusan tersebut akan lebih besar. Hal ini bisa Anda ketahui dari mencari informasi di internet, tanya kakak tingkat atau mencari tahu pekerjaan apa yang lebih banyak di butuhkan, apakah Bea Cukai, Akuntansi, Perpajakan dan lain sebagainya. Anda harus melakukan survey kecil terlebih dahulu. Inilah biaya bimbel STAN.

 

3. Tentukan Passion

Passion yang kamu miliki sangat berpengaruh terhadap pemilihan jurusan dan program studi di STAN. Jangan sampai ada kalimat “salah pilih jurusan”. Sebagai contoh, kamu saat ini lebih menyukai hafalan maka lebih cocok pilih bidang manajemen keuangan atau pajak, atau jago fisika lebih cocol di penilai dan lain-lain yang sekiranya bidang tersebut adalah kamu banget.

 

4. Persiapkan dengan Matang

Penting untuk kamu belajar agar bisa membiasakan diri dengan konsep maupun rumus yang akan diujikan. Jangan lupa untuk mengumpulkan soal-soal USM STAN tahun lalu dan mempelajarinya. Ada banyak kumpulan soal di internet yang bisa kamu pelajari bahkan tersedia dengan kunci jawabannya. Perhatikan download soal USM STAN 2020/2021 karena bisa menjadi referensi untuk pelaksanaan tes tahun ini.

 

5. Sesuaikan dengan keahlian

Melihat keahlian menjadi bagian penting dalam memilih jurusan. Meskipun semua jurusan tersebut berada dalam lingkung Akuntansi, tapi setiap jurusan memiliki karakteristiknya masing-masing. Terdapat beberapa keahlian tertentu yang harus dimiliki seseorang untuk bisa masuk ke suatu jurusan di STAN. Misalnya, Anda lebih ahli dalam hal perhitungan maka jurusan yang tepat adalah Akuntansi Pemerintahan atau Perpajakan, sedangkan untuk Anda yang lebih menguasai hafalan maka jurusan yang tepat adalah Kebendaharaan Negara atau Pengurusan Piutang dan Lelang Negara. Anda akan mengetahui lebih dalam mengenai keahlian jika mengikuti bimbel STAN garansi.

Lulusan STAN sendiri sudah dijamin mendapatkan lapangan pekerjaan dan gratis lho. Kok bisa gratis dan langsung dapat pekerjaan sih?

Jawabannya, karena kampus milik negara ini sudah menyepakati untuk menanggung biaya perkuliahan selama 3 tahun, kecuali biaya pendaftaran, biaya daftar ulang dan biaya wisuda. PKN STAN memiliki banyak jurusan kuliah, yang bisa kamu tentukan dari sekarang, berikut jurusan dan program studi PKN STAN :

Jurusan Akuntansi memiliki 2 program studi:

D4 Akuntansi

D3 Akuntansi

 

Jurusan Pajak memiliki 3 program studi:

D3 Pajak

D3 Pajak Bumi dan Bangunan/Penilai

D1 Pajak

 

Jurusan Kepabeanan dan Cukai memiliki 2 program studi:

D3 Kepabeanan dan Cukai

D1 Kepabeanan dan Cukai

 

Jurusan Manajemen Keuangan memiliki 3 program studi::

D3 Kebendaharaan Negara

D3 Manajemen Aset

D1 Kebendaharaan Negara

Leave a Reply