fbpx

Ingin Bersekolah di AKMIL? Inilah Caranya!

By March 21, 2020 Uncategorized

cara lulus tes akmil 1

cara lulus tes akmil

Menjadi Taruna Akademi Militer (Akmil) dan lulus sebagai perwira Tentara Nasional Indonesia (TNI), mungkin salah satu cita-cita sebagian anak Indonesia. Banyak orang-orang yang penasaran cara lulus tes akmil. Pertanyaan ini, kami dapatkan juga sebagai penyedia bimbel dan konsultan pendidikan.

Bagi generasi milenial yang ingin mengabdikan diri menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dengan menjadi prajurit TNI, berikut bocoran tahapan seleksi yang harus dilalui.

Pantukhir adalah akronim dari Pemantauan Akhir, karena itu pelaksanaan Pantukhir selalu pada akhir rangkaian Tes, ada dua kali Pantukhir yaitu pantukhirda dilakukan oleh panitia daerah dan Pantukhirpus dilakukan oleh panitia Pusat.

Tes Pantukhir AKMIL merupakan tahapan Tes penghabisan. Artinya, tidak ada lagi tahapan Tes setelah Pantukhir. Calon Taruna Akademi Militer yang sudah sampai babak Pantukhir, dapat dikatakan sudah dekat dengan kelulusan. Ibarat lomba lari, calon itu sudah tinggal sedikit lagi mencapai garis finish.

Ada yang mengatakan bahwa semua calon yang masuk babak Pantukhir sebenarnya calon yang sudah memenuhi persyaratan atau sudah lulus berbagai Tes. Tetapi, jumlah calon yang memenuhi persyaratan itu, lebih banyak daripada Jatah yang diterima. karena itu sebagian harus disisihkan meskipun sudah memenuhi syarat. 

cara lulus tes akmil 2Bagi Anda yang ingin menjadi seorang Taruna Akademi Militer, kami akan membantu untuk masuk lebih dalam memperoleh informasi dan mengupas habis tentang seluk beluk kehidupan Taruna Akademi Militer yang selama ini menjadi kebanggaan kita semua.

  • Sebelum berangkat, calon harus mandi, membersihkan mata, hidung, gigi, dan lain-lain. sampai benar-benar bersih, jika ada memakai sedikit parfum, agar tidak bau jika berkeringat, pakailah celana dalam baru yang belum pernah dipakai.
  • Belajar PBB (Peraturan Baris-Berbaris) terutama sikap sempurna, hadap kanan, hadap kiri, dan lain-lain.
  • Berlatihlah di depan kaca besar, supaya kelihatan bagian tubuh yang miring, bahu yang tidak rata, dan biasakan Sikap berdiri yang benar dengan postur lurus.
  • Pelajari cara pandang mata yang mendatar dan tajam.
  • Pelajari sikap suara yang keras dan tegas.
  • Buat catatan dan hafalkan nama, tanggal lahir, tempat lahir, tempat tinggal Anda, kemudian Pekerjaan ayah ibu, kakek nenek, dan saudara.
  • Persiapkan segala sesuatu sebelum berangkat Jangan sampai ada yang ketinggalan.

Tentu anda sebelum berperang harus memiliki siasat dan peta kekuatan lawan agar dapat memenangkannya, sama halnya dengan test masuk AKMIL anda juga harus mempersiapkan diri agar siap dan berhasil dalam setiap ujian/materi yang ditestkan, untuk itu anda sudah pasti membutuhkan informasi dan menyusun strategi sebelumnya. Dalam hal ini anda harus mengetahui materi apa saja yang harus dipersiapkan dan latihan-latihan apa saja yang harus dijalani sebelum test.

persaingan untuk menjadi calon Taruna Akmil ini berat. Tetapi jika telah mempersiapkan diri lebih awal, kemudian sudah tau materi tes seperti itu, kemungkinan lolos bisa jadi lebih besar.

Leave a Reply