fbpx

Tes SKB CPNS 2020 yang Perlu Diketahui

By April 7, 2020 Uncategorized

tes skb cpns 2020 1

tes skb cpns 2020

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Jawa Timur Nur Kholis memastikan tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) ditunda. Hal ini menyusul wabah virus corona yang semakin meluas. Ini berarti kesempatan untuk belajar semakin panjang. Pelajari soal tes SKB CPNS 2020 bisa melalui bimbel.

Jadwal SKB CPNS semestinya dilaksanakan tanggal 26 Maret 2020. Namun, BKN selaku pelaksana tes telah menundanya. Mengingat saat ini tengah merebak wabah virus Corona atau COVID-19.

Jumlah tes selama pelaksanaan SKB ini berbeda-beda setiap instansi pemerintah. Sejumlah instansi hanya mensyaratkan SKB dilakukan hanya lewat CAT, sementara banyak pula instansi yang mensyaratkan pelamar CPNS melakukan sejumlah tahapan seleksi dari psikotes hingga wawancara.

Setiap formasi akan dihadapkan dengan jenis ujian berbeda. Umumnya, pelamar akan dihadapkan dengan ujian CAT dengan soal-soal seputar bidang yang dilamar.

Daftar rangkaian tes SKB yang harus dijalani pelamar CPNS ini bisa dilihat pada dokumen pedoman resmi setiap instansi pemerintah yang membuka lowongan formasi.

tes skb cpns 2020 2

Jika tahapannya berbentuk ujian lewat CAT, materi soal tes SKB yang diujikan sangat terkait dengan bidang formasi serta instansi yang dilamar calon abdi negara.

Berikut ini kisi-kisi materi soal CPNS tes SKB CPNS 2018 dari akun twitter resmi BKN, @BKNgoid:

  1. Pahami jabatan yang dilamar

BKN mengumumkan terdapat 2 jenis jabatan atau formasi yang nantinya mempengaruhi jenis soal yang akan diujikan pada ujian SKB.

Kedua jenis jabatan tersebut yaitu Jabatan Fungsional Tertentu (JFT) dan Jabatan Pelaksana (JP).

Anda harus memahami formasi dan jenis jabatan apa yang Anda lamar di CPNS 2019 nanti.

Apakah masuk dalam JFT atau JP

  1. Menentukan jenis jabatan yang dilamar Jabatan Fungsional Tertentu – JFT atau bukan

Anda harus mencari tahu jenis jabatan yang Anda lamar, apakah termasuk JFT atau bukan.

Yang termasuk dalam jenis JFT antara lain profesi seperti guru, dokter, apoteker dan lain sebagainya.

Apabila Anda masih bingung dalam menentukannya, Anda bisa memcari tahu lewat peraturan yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

  1. Pahami jenis tugas pada jabatan yang dilamar yang termasuk JP

Peserta CPNS yang melamar jenis JP harus mempelajari jenis tugas apa yang ada pada jabatan JP tersebut.

Leave a Reply