fbpx

SKB CPNS 2019 Adalah Tes Setelah SKD

By April 7, 2020 Uncategorized

skb cpns 2019 adalah 1

skb cpns 2019 adalah

SKB CPNS 2019 adalah tahapan rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Tahapan CPNS tengah memasuki tahapan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Rencananya, pengumuman hasil SKD akan dilakukan pada pertengahan Maret 2020. Mereka yang lolos dalam tahapan SKD akan mengikuti seleksi berikutnya yaitu Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Persiapkan diri menghadapi SKB dengan cara mengikuti bimbel.

Apa saja yang perlu diketahui mengenai SKB? Kuota Peserta yang dapat mengikuti SKB harus melampaui nilai ambang batas dari ketiga subtes yang diujikan saat SKD. Peserta SKB paling banyak tiga kali jumlah kebutuhan masing-masing formasi jabatan berdasarkan pemeringkatan nilai SKD. Jika peserta memperoleh nilai SKD sama pada tiga komponen subtes dan berada pada ambang batas jumlah kebutuhan formasi, maka seluruhnya diikutkan SKB.

Dilansir dari Twitter @BKNgoid, peserta yang melanjutkan ke tahap SKB adalah peserta yang mendapatkan niai tertinggi dari tes SKD.

Kuota peserta yang akan melanjutkan SKB berjumlah 3 kali dari kuota yang dibutuhkan instansi tersebut.

Jika ada peserta yang memiliki nilai SKD yang sama, maka kelulusan SKD akan didasarkan pada nilai yang lebih tinggi berurutan dari mulai TKP, TIU dan TWK.

Apabila terdapat sejumlah peserta yang memiliki nilai SKD yang sama maka nilai sub-test TKP, TIU dan TWK, maka seluruh peserta akan diikutkan untuk melanjutkan ke tahap SKB.

Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) ini adalah tahap terakhir sebelum penentuan PNS.

skb cpns 2019 adalah 2

Materi SKB untuk jabatan fungsional disusun oleh instansi pembina jabatan fungsional. Pelaksanaan dan materi SKB di instansi pusat selain dengan CAT dapat pula berupa tes potensi akademik dan tes praktik kerja. Selanjutnya tes bahasa asing, tes fisik atau sesamaptaan, psikotes, tes kesehatan jiwa dan wawancara sesuai yang disyaratkan di jabatan. 

Jabatan yang berfungsi sangat teknis atau keahlian khusus seperti Pranata Komputer, SKB dapat dilakukan dalam bentuk tes praktik kerja. Sedangkan instansi daerah yang menyelenggarakan SKB selain dengan CAT, wajib menetapkan pedoman atau panduan pelaksanaan dan menyampaikan materi dengan tembusan Kepala BKN selaku Ketua Tim Pelaksana Panselnas 1 sebelum pelaksanaan SKD dimulai. 

Materi SKB untuk jabatan pelaksanaan yang bersifat teknis dapat menggunakan soal SKB yang bersesuaian atau masih satu rumpun dengan jabatan fungsional terkait. “Passing grade atau ambang batas akan diatur dalam Dalam Permen PAN RB tersendiri,” tulis BKN.

Leave a Reply