fbpx

Inilah Serba-Serbi SKB Lengkap!

By April 6, 2020 Uncategorized

tes skb adalah 1

tes skb adalah

Tes SKB adalah tes Seleksi Kompetensi Bidang. Sebagian para pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun Anggaran 2019 saat ini telah melakukan tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Pengumuman hasil SKD akan dirilis pada Maret 2019. Sekarang, saatnya persiapkan diri Anda untuk mengikuti tes SKB. Anda bisa mengikuti bimbel seperti Sukses CPNS.

Bagi peserta SKD yang lolos, akan melanjutkan tahapan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Hasil nilai SKD dan SKB nantinya akan diintegrasikan untuk menentukan siapa saja yang lolos ke tahap pemberkasan.

Berdasarkan Permenpan RB No.24/2019 mengenai passing grade, nilai sub tes SKD yang dapat dinyatakan lolos passing grade adalah Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) 126, Tes Intelegensi Umum (TIU) 80, dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP) 65.

Seleksi penerimaan CPNS dilakukan dengan dua tahap, yakni tahap seleksi kompetensi dasar atau SKD dan tahap seleksi kompetensi bidang atau SKB.

Setiap pelamar cpns yang lulus seleksi administrasi dan telah mendapatkan nomor ujian SKD pasti akan mengikuti seleksi SKD. Namun tidak semua peserta ujian SKD akan mengikuti seleksi kompetensi bidang, karena untuk mengikuti seleksi kompetensi bidang, harus lulus passing grade seleksi SKD yang telah ditetapkan oleh panitia seleksi nasional. Begitu juga untuk Anda yang nanti lulus tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS 2019, bersiap-siap untuk menghadapi tes Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS 2019.

tes skb adalah 2

Kisi-kisi materi ujian SKB dari BKN itu dapat Anda pahami dan pelajari sebagai persiapan dalam menghadapi ujian SKB CPNS 2019 nanti.

Yang perlu Anda ingat adalah materi tes SKB 2019 berbeda-beda untuk setiap jabatan yang Anda pilih. Jadi soal ujian SKB CPNS 2019 tergantung pada jenis jabatan dan formasi yang Anda pilih nantinya.

Oleh karena itu, jangan abaikan kisi-kisi ujian SKB yang dibagikan BKN ini, karena hal ini sangat penting, sehingga Anda tidak salah jalur dalam mempelajari contoh-contoh soal SKB.

Peraturan Kemenpan RB Nomor 36 Tahun 2018 menyebutkan tes SKB meliputi antara lain computer assisted test (CAT), tes potensi akademik, tes praktik kerja, tes bahasa asing, tes fisik atau kesamaptaan, psikotes, tes kesehatan jiwa, dan/atau wawancara.

Jumlah tes selama pelaksanaan SKB ini berbeda-beda setiap instansi pemerintah. Sejumlah instansi hanya mensyaratkan SKB dilakukan hanya lewat CAT, sementara banyak pula instansi yang mensyaratkan pelamar CPNS melakukan sejumlah tahapan seleksi dari psikotes hingga wawancara.

Setiap formasi akan dihadapkan dengan jenis ujian berbeda. Umumnya, pelamar akan dihadapkan dengan ujian CAT dengan soal-soal seputar bidang yang dilamar.

Leave a Reply